Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran TIK kompentensi desain grafis bagi siswa SMA kelas XI / Agung Wahyu Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran TIK kompentensi desain grafis bagi siswa SMA kelas XI / Agung Wahyu Hidayat

Hidayat, Agung Wahyu (2012) Pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran TIK kompentensi desain grafis bagi siswa SMA kelas XI / Agung Wahyu Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Desain Grafis Teknologi Informasi. Hasil observasi di SMA Laboratorium UM ditemukan bahwa pembelajarannya masih secara klasikal dan proses belajar belum berjalan dengan maksimal. Perkembangan teknologi informasi yang pesat ini diperlukan media pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa untuk membantu proses belajar. Media pembelajaran ini diharapkan selain untuk membantu guru dalam pembelajaran siswa juga bisa mengenal teknik membuat desain grafis dan dapat mengembangkannya. Tujuan pengembangan media pembelajaran ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis web dengan materi Desain Grafis adobe photoshop dan untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan bagi siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM Pengembangan ini memakai model Sadiman yang dimodifikasi karena dalam model ini sistematika pengembangan program media menitikberatkan pada masalah media yang memiliki kecenderungan untuk dimanfaatkan pada proses pendidikan formal. Prosedur pengembangannya meliputi (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) desain media (6) pembuatan media (7) validasi ahli ahli media dan materi (8) uji coba (9) revisi (10) modifikasi media (11) media siap digunakan. Teknik validasi dan ujicoba disini menggunakan instrumen berupa angket. Berdasarkan validasi media pembelajaran yang dilakukan dengan instrumen angket diperoleh hasil sebagai berikut ahli media 89% ahli materi 83 3%. Hasil uji coba kepada responden/siswa diperoleh hasil sebagai berikut kelompok kecil 90 7% dan kelompok besar (lapangan) 91 52%. Dengan demikian dinyatakan bahwa media yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat diujicobakan lebih luas agar nantinya bisa digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45798

Actions (login required)

View Item View Item