Desain dan implementasi sistem pemantauan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Malang / Adli Satria Wirawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Desain dan implementasi sistem pemantauan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Malang / Adli Satria Wirawan

Wirawan, Adli Satria (2012) Desain dan implementasi sistem pemantauan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Malang / Adli Satria Wirawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci sistem feedback hasil belajar Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di sekolah biasanya dinyatakan dalam bentuk skor. Hasil belajar ini tidak hanya berguna sebagai feedback bagi siswa saja tetapi berguna juga untuk orang tua dan guru. Bagi orang tua hasil belajar siswa digunakan sebagai acuan untuk memberikan bantuan berupa perhatian bimbingan motivasi dan lain-lain. Sedangkan bagi guru hasil belajar digunakan sebagai patokan untuk menganalisis keberhasilan proses pengajaran yang telah dilalui. Selama ini untuk memantau hasil belajar baik siswa orang tua dan guru di SMP Negeri 4 Malang masih mengandalkan sistem manual. Untuk orang tua dan siswa masih mengandalkan laporan hasil belajar yang memiliki kelemahan dalam pemaparan data yang tidak terperinci akses yang terbatas serta informasi yang tidak berkesinambungan. Sedangkan guru masih mengandalkan rekap nilai siswa. Karena hanya berbentuk tabel yang berisi angka-angka maka menyulitkan guru dalam menganalisis keberhasilan proses pengajaran. Berkaitan dengan masalah tersebut maka peneliti bertujuan untuk mengembangkan sistem pemantauan hasil belajar siswa untuk SMP Negeri 4 Malang. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan sistem pemantauan hasil belajar siswa adalah model waterfall. Dimana tahapan-tahapan model waterfall antara lain (1) Tahap Analisis (Requirement And Definition) (2) Tahap Desain (System And Software Design) (3) Tahap Implementasi (Implementation And Unit Testing) (4) Tahap Pengujian (Integration And System Testing) (5) Tahap Pemeliharaan (Operation And Maintenance). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa sistem pemantauan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba sistem didapatkan persentase 100% untuk ahli sistem 100% untuk admin 100% untuk guru dan 100% untuk siswa. Sedangkan persentase rata-rata skor untuk validasi dan uji coba sistem adalah 100%. Dari rata-rata skor tersebut dapat diidentifikasi bahwa Sistem Pemantauan Hasil Belajar Siswa adalah valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45794

Actions (login required)

View Item View Item