Hubungan kompetensi guru dan efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di bidang TIK SMKN se Kabupaten Ponorogo / Niken Krysdianawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kompetensi guru dan efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di bidang TIK SMKN se Kabupaten Ponorogo / Niken Krysdianawati

Krysdianawati, Niken (2012) Hubungan kompetensi guru dan efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di bidang TIK SMKN se Kabupaten Ponorogo / Niken Krysdianawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kompetensi Guru Efektivitas Penggunaan Media Prestasi Belajar Pendidikan di Kabupaten Ponorogo sedang dalam proses pengembangan mutu pendidikan pemerintah dan pihak sekolah berusaha untuk dapat lebih me- ningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu semua komponen yang ada dalam pendidikan juga mempunyai peran masing-masing untuk dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Di Kabupaten Ponorogo untuk sementara ini guru yang membidangi mata pelajaran TIK dimasing-masing sekolah yaitu guru lulusan TIK sehingga masing-masing guru harus bisa dan dapat mengembangkan kompetensi Guru dalam proses pembelajaran TIK meskipun bukan lulusan pendidikan TIK. Sehingga dengan kompetensi guru yang dimiliki di harapkan proses pembelajaran TIK dapat dilakukan secara maksimal hasil dari proses pembelajaran secara garis besar dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk sementara ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan di Kabupaten Ponorogo prestasi belajar siswa setiap tahun belum dapat diprediksi tingkat kemajuannya misal saja pada tahun ini terjadi peningkatan prestasi belajar dibandingkan dengan tahun kemarin namun pada tahun-tahun sebelumnya juga pernah terjadi penurunan tingkat hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kompetensi guru dan efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar dibidang TIK SMKN se-Kabupaten Ponorogo. Jumlah populasi siswa kelas X bidang TIK SMKN se Kabupaten Ponorogo terdapat 301 orang dari jumlah populasi kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik proposional random sampling didapatkan jumlah total dari semua sampel yang diambil dari masing sekolah yaitu 161 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kompetensi guru dan efektivitas penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa. Sebelum pemganbilan data terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil validitas dan reliabiltas terdapat 7 (tujuh) nomer soal pada instrument kompetensi guru yang dinyatakan tidak valid tetapi hal tersebut tidak mempengaruhui kisi-kisi dari instrumen karena indakator penelitian masih terwakili oleh nomer soal yang lain. Sedangkan semua soal pada instrumen efektivitas penggunaan media pembelajaran dinyatakan valid. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dilakukan penelitian dengan mengambil data dari sampel yang telah ditentukan. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi melalui SPSS 16 namun sebelum melakukan analisi korelasi terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis untuk mengetahui normalitas data. Dari hasil uji prasyarat analisis didapatkan hasil data tidak berdistribusi normal jadi teknik penelitian termasuk dalam statistiik nonparametrik dengan menggunakan metode spearman. Dari hasil analisi data dengan menggunakan teknik korelasi pasrsial diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dan prestasi belajar siswa di bidang TIK SMKN se Kabupaten Ponorogo sebesar 0 352 tergolong korelasi rendah. Dari hasil analisis data efektivitas penggunaan media pembelajaran terdapat hubungan yang signifikan sebesar 0 424 tergolong korelasi sedang sedang- kan hubungan antara kompetensi guru dan efektivitas penggunaan media pem- belajaran terhadap prestasi belajar di bidang TIK SMKN se Kabupaten Ponorogo terdapat hubungan signifikan yaitu sebesar 0 709 tergolong dalam korelasi tinggi. Berdasarkan perhitungan analisis data dengan menggunakan SPSS 16 dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan signifikan sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penilitian maka peneliti memberikan saran bagi guru hendaknya lebih meningkatkan perhatian kepada peserta didiknya untuk dapat memotivasi masing peserta didiknya untuk dapat meningkatkan prestasi belajar serta dapat memaksimalkan kompetensi dan media pembelajaran yang digunakan agar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya bagi kepala sekolah hendaknya lebih memperhatikan kompetensi dari guru dan efektivitas media pembelajaran yang ada di sekolah untuk dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan bagi Dinas Pendidikan Kota Ponorogo untuk dapat memberikan kebijakan tentang kompetensi guru serta efektivitas penggunaan media pembelajaran pada masing-masing sekolah di Ponorogo baik itu sekolah yang terletak di kota maupun di kecamatan agar dapat dioptimalkan setiap komponen pendidikan untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45791

Actions (login required)

View Item View Item