Pengembangan m edia pembelajaran berbasis game digital pada standar kompetensi melakukan instalasi jaringan Lokal (LAN) untuk siswa kelas XI TKJ SMKN 5 Malang / Muhammad Aziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan m edia pembelajaran berbasis game digital pada standar kompetensi melakukan instalasi jaringan Lokal (LAN) untuk siswa kelas XI TKJ SMKN 5 Malang / Muhammad Aziz

Aziz, Muhammad (2012) Pengembangan m edia pembelajaran berbasis game digital pada standar kompetensi melakukan instalasi jaringan Lokal (LAN) untuk siswa kelas XI TKJ SMKN 5 Malang / Muhammad Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media pembelajaran gamedigital. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 (SMKN 5) merupakansalahsatulembagapendidikankejuruan yang memilikifasilitas yang cukuplengkapuntukmenunjang proses pembelajaran. Namunberdasarkanhasilpengamatanselamapraktikpengalamanlapangan (PPL) di SMKN 5 Malang diketahuibahwasiswakurangmemanfaatkanfasilitastersebutsecaramaksimal. Siswacenderungmenghabiskanwaktuistirahatdenganbermaingame di laptop masing-masingdenganalasanuntukmenghilangkan rasa jenuhdanbosansetelahmenerimapelajaran. Padahal jikadimanfaatkandenganbaik laptop yang merekamilikidapatmenyediakan media pembelajaran yang interaktif menarik sertadapatmenjauhkansiswadari rasa bosandanjenuh.Salah satubentuk media tersebutadalah media pembelajaranberbasisgame digital. Penelitianinibertujuanuntukmengembangkan media pembelajaraninteraktifberbasisgamedigitalpadastandarkompetensimelakukaninstalasijaringanlokal (LAN) untuksiswakelas XI di SMKN 5 Malang danmenilaitingkatkelayakan media tersebut. Model pengembangan software yang digunakandalampenelitianiniadalah model waterfall sedangkanmetode pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah metode Research and Development (R D) yang dikemukakanolehSugiyono (2010).Produk yang dihasilkanberupa media pembelajaranberbasisgamedigital. Subjekujicobameliputiahli media ahlimateridansiswakelas XI SMKN 5 Malang. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang dilakukan didapat persentase hasil validasi ahli media sebesar 93 55% hasil validasi ahli materi sebesar 84 17% hasilujicoba kelompok kecil sebesar 82 74% dan hasil uji coba lapangan sebesar 88 57%. Rata-rata keseluruhan dari hasil validasi sebesar 87 26%. Berdasarkankriteriapenilaianpersentase yang dikemukakanoleh Akbar danSriwiyana (2010) media pembelajaran ini dinyatakan sangat valid tanpa revisi sehinggadapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis game digitaluntuk siswa kelas XI SMKini layak digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45789

Actions (login required)

View Item View Item