Hubungan wawasan dunia kerja dan kemandirian belajar dengan motivasi memasuki dunia kerja pada siswa SMKN Program Keahlian Teknologi Informasi di Kota Malang / Anggarda Eri Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan wawasan dunia kerja dan kemandirian belajar dengan motivasi memasuki dunia kerja pada siswa SMKN Program Keahlian Teknologi Informasi di Kota Malang / Anggarda Eri Nugroho

Nugroho, Anggarda Eri (2012) Hubungan wawasan dunia kerja dan kemandirian belajar dengan motivasi memasuki dunia kerja pada siswa SMKN Program Keahlian Teknologi Informasi di Kota Malang / Anggarda Eri Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hubungan wawasan dunia kerja kemandirian belajar motivasi memasuki dunia kerja Dunia kerja merupakan tujuan akhir yang hendak diraih oleh setiap peserta didik dari jenjang manapun baik lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Madrasah Aliyah (MA). Walaupun terdapat diantara mereka yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi tetap saja ada yang mencari peluang kerja setelah mereka lulus. Untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai maka diperlukan individu yang cerdas dan terampil serta individu yang memiliki motivasi untuk memasuki dunia kerja. Sedangkan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang produktif dan memiliki motivasi tinggi diperlukan adanya pengembangan wawasan dunia kerja dan kemandirian belajar yang kondusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap hubungan antara wawasan dunia kerja (X1) dan kemandirian belajar (X2) dengan motivasi memasuki kerja siswa SMK (Y) di Kota Malang baik secara parsial maupun simultan serta mendeskripsikan masing-masing variabel X1 X2 dan Y. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Fakto untuk mengungkap hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat secara kuantitatif korelasional. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa SMK di Kota Malang. Data yang diperoleh diuji dengan uji asumsi klasik untuk menguji prasyarat analisis dan uji hipotesis untuk mengungkap hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian (1) variabel X1 dalam kategori cukup sebesar 40% (2) variabel X2 dalam kategori cukup sebesar 34% (3) variabel Y dalam kategori tinggi 32% (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara wawasan dunia kerja dengan motivasi memasuki kerja pada siswa SMK di Kota Malang (5) Ada hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan motivasi memasuki kerja pada siswa SMK di Kota Malang (6) Ada hubungan positif dan signifikan antara wawasan dunia kerja dan kemandirian belajar dengan motivasi memasuki kerja pada siswa SMK di Kota Malang. Kesimpulan sumbangan prediktor terhadap kriteriumnya sebesar 45 95% yang dijabarkan sebagai (1) sumbangan efektif variabel X1 sebesar 39 18% (2) sumbangan efektif variabel X2 sebesar 6 77%. Sedangkan 54 05% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar faktor yang diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45788

Actions (login required)

View Item View Item