Pengembangan sumber belajar interaktif berbasis quantum teaching pada pokok bahasan perangkat lunak pengolah angka siswa kelas XI SMAN 1 Talun / Rio Kurnia Ramada - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar interaktif berbasis quantum teaching pada pokok bahasan perangkat lunak pengolah angka siswa kelas XI SMAN 1 Talun / Rio Kurnia Ramada

Ramada, Rio Kurnia (2012) Pengembangan sumber belajar interaktif berbasis quantum teaching pada pokok bahasan perangkat lunak pengolah angka siswa kelas XI SMAN 1 Talun / Rio Kurnia Ramada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sumber belajar interaktif Model pembelajaran Quantum Teaching Pokok bahasan perangkat lunak pengolah angka Peran seorang pengajar dalam menuntun siswa memahami langkah demi langkah penggunaan perangkat lunak pengolah angka sangatlah penting. Namun dengan karakter masing-masing pelajar yang berbeda-beda berdampak pada lamanya proses pembelajaran karena menunggu sala h satu siswa yang belum paham mengenai materi yang bersangkutan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan sebuah sumber belajar alternatif dengan model pembelajaran yang dapat memudahkan proses terbentuknya pengetahuan pada siswa sehingga mahir dalam menggunakan perangkat lunak pengolah angka. Salah satu solusi pengembangan media alternatif tersebut dapat diwujudkan dengan memanfa atkan sumber belajar interaktif yang menerapkan metode pembelajaran Quantum Teaching. Dalam membangun sumber belajar interaktif berbasis Quantum Teaching pada pokok bahasan perangkat lunak pengolah angka menggunakan dua model pengembangan yakni model pengembangan Dick Carey dan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi sesuai kebutuhan yang menghasilkan Sumber Belajar Interaktif Berbasis Quantum Teaching Pada Pokok Bahasan Perangkat Lunak Pengolah Angka Siswa Kelas XI SMAN 1 Talun. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini berupa sumber belajar interaktif yang dipadukan dengan metode pembelajaran Quantum Teaching sebagai strategi dalam penyampaian materi pelajaran . Sumber belajar interaktif berbasis Quantum Teaching dapat membantu guru dalam membimbing siswa memahami materi perangkat lunak pengolah angka dan mempermudah siswa dalam menangkap materi pelajaran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan menghasilkan produk sumber belajar interakt if berbasis Quantum Teaching pada pelajaran TIK untuk siswa SMAN 1 Talun kelas XI pada materi perangkat lunak pengolah angka. Hasil penelitian dan pengembangan tersebut menunjukkan bahwa sumber belajar interaktif berbasis Quantum Teaching termasuk dalam kualifikasi valid dan kriteria layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45786

Actions (login required)

View Item View Item