Pengembangan media pembelajaran bahasa Inggris berbantuan komputer untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Eviana Puspaningrum

Puspaningrum, Eviana (2012) Pengembangan media pembelajaran bahasa Inggris berbantuan komputer untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Eviana Puspaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Berbantuan Komputer, Media pembelajaran, Bahasa Inggris. Suatu perkembangan yang terjadi di dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada proses pembelajaran yaitu semakin banyaknya media pembelajaran berbantuan komputer. Hadirnya teknologi yang canggih ini, membuat para ahli pendidikan berkeinginan memanfaatkannya guna memecahkan suatu permasalahan pembelajaran yang dihadapi. Pada penyampaian materi Bahasa Inggris seringkali dijumpai metode dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang tepat dan terkesan kurang menarik. Begitu pula media yang digunakan kurang mendukung yaitu hanya mengandalkan buku kerja siswa, buku pengantar sekolah, dan papan tulis sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dan pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Permasalahan tersebut, dialami juga di SDN Brenggolo I, Kabupaten Kediri terlebih lagi pada materi Parts of The Body, Family and Relatives, padahal kedua materi tersebut memiliki 4 aspek yaitu listening, speaking, reading, dan writing, dimana setiap aspek tersebut memiliki metode dan jenis media tersendiri yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal inilah yang menjadi alasan untuk memanfaatkan media pembelajaran Bahasa Inggris berbantuan komputer. Media pembelajaran Bahasa Inggris yang dirancang bertujuan untuk membantu guru dalam kegiatan pembelajaran dan memberikan suasana baru dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan konsentrasi, motivasi, dan hasil belajar siswa. Untuk membantu perancangan media maka dibutuhkan tahapan analisis terhadap media yang disesuaikan dengan kebutuhan media di sekolah. Maka model pengembangan yang dipakai adalah model pengembangan Dick dan Carey. Model pengembangan ini memiliki 10 tahapan dimana dari 10 tahapan tersebut dimodifikasi menjadi 9 tahapan yaitu (1) identifikasi tujuan umum pembelajaran, (2) analisis pembelajaran, (3) analisis karakteristik siswa dan lingkungan, (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran, (5) mengembangkan instrumen penelitian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan materi pembelajaran, (8) merancang dan melaksanakan penilaian formatif, dan (9) revisi pembelajaran. Media pembelajaran ini telah divalidasi untuk diuji kelayakannya, didapatkan hasil dari ahli media dosen Teknik Elektro dengan persentase 93,05%. Dua ahli materi yang melakukan validasi yaitu dari SDN Brenggolo I dan SDN Panjer, Kabupaten Kediri dengan persentase sebesar 94,04% dan 92,85%, untuk hasil dari kelompok kecil dengan persentase sebesar 92,5% dan 93,21% untuk uji coba kelompok lapangan. Hal ini berarti bahwa media pembelajaran Bahasa Inggris dapat diterima, valid dan layak digunakan pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45782

Actions (login required)

View Item View Item