Pengembangan buku e-learning untuk guru pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) di SMK PGRI Lawan / Siti Aminah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku e-learning untuk guru pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) di SMK PGRI Lawan / Siti Aminah

Aminah, Siti (2012) Pengembangan buku e-learning untuk guru pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) di SMK PGRI Lawan / Siti Aminah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Buku E-learning berbasis Moodle KKPI. SMK PGRI Lawang merupakan sekolah yang masih berkembang dan belum mempunyai suatu sarana prasarana yang memadai dalam mengelolaan dan memudahkan penyebaran materi modul artikel maupun ilmu pengetahuan lain khususnya di Teknologi Informasi (TI) yang masih belum memliki laboratorium komputer. Kegiatan belajar mengajar pada kegiatan praktikum selama ini masih menggunakan leptop yang masih terbatas. Pada SMK PGRI Lawang juga terdapat pengajar yang kurang mengetahui tentang pemanfaatan e-Learning untuk mendukung proses pembelajaran tersebut serta kurangnya informasi tentang pembuatan e-Learning. Berdasarkan alasan tersebut peneliti ingin mengembangkan buku tutorial pada proses pembuatan e-Learning pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolahan Informasi (KKPI) dengan menggunakan Moodle. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku tutorial membangun e-Learning untuk membantu guru dalam mengembangkan media belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya buku tutorial ini diharapkan dapat memudahkan guru dalam membuat media belajar untuk peserta didik. Pengembangan buku ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi. Tahap-tahap pengembangan mulai dari analisis kebutuhan hingga penyebaran disusun secara terperinci sehingga memudahkan dalam pengembangan. Pada modifikasi model Borg dan Gall terdapat 8 tahap utama yaitu analisis kebutuhan perencanaan pengembangan produk uji coba ahli materi uji coba ahli media uji coba lapangan revisi dan produksi. Pengambilan data validasi dalam bahan ajar ini digali dengan menggunakan instrument berupa angket yang dilakukan terhadap 3 subjek yaitu ahli materi ahli media dan peserta (guru). Hasil uji coba produk yang dilakukan terhadap 3 subjek tersebut adalah sebagai berikut ahli materi menyatakan produk ini sangat baik dengan prosentase 95% ahli media menyatakan produk ini sangat baik dengan persentase 100% dan peserta (guru mata pelajaran KKPI) menyatakan produk ini sangat baik dengan persentase 95%. Hasil dari uji coba digunakan untuk melengkapi dan menyempurnakan produk yang dihasilkan dalam penelitian. Buku ini dapat mengembangkan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang dikembangkan. Adapun saran yang diberikan adalah produk hasil pengembangan ini dapat dimanfaatkan secara luas oleh pihak-pihak selain pendidik dan peserta didik. Di samping itu produk ini juga dapat dikembangkan lebih lanjut untuk memaksimalkan menfaat yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45781

Actions (login required)

View Item View Item