Pengaruh faktor kemandirian belajar dan variasi model pembelajaran terhadap hasil belajar sofware komputer di UPT SMP Negeri 2 Kota Pasuruan / Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor kemandirian belajar dan variasi model pembelajaran terhadap hasil belajar sofware komputer di UPT SMP Negeri 2 Kota Pasuruan / Nur Aini

Aini, Nur (2012) Pengaruh faktor kemandirian belajar dan variasi model pembelajaran terhadap hasil belajar sofware komputer di UPT SMP Negeri 2 Kota Pasuruan / Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemandirian Belajar Variasi model pembelajaran STAD Jigsaw Hasil Belajar Software Komputer. Pembelajaran Sofware Komputer merupakan pembelajaran yang menekankan terhadap penguasaan pengetahuan dan keterampilan proses. siswa dirapkan lebih terampil menggunakan suatu program aplikasi serta mengkaji jenis dan kegunaan dari beberapa Software Komputer. Pada penelitian ini siswa dibedakan menjadi dua kategori yaitu kelompok siswa dengan kemandirian belajar tinggi dan kelompok siswa dengan kemandirian belajar rendah. Masing-masing kelompok belajar dibagi lagi menjadi dua untuk diberi perlakuan yang sama yaitu pada satu kelompok mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw pada kelompok yang lain. Pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw adalah model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Software Komputer antara kelompok siswa dengan tingkat kemandirian belajar tinggi yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD ( ) kelompok siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD ( ) kelompok siswa dengan tingkat kemandirian belajar tinggi yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ( ) kelompok siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe ( ). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji hipotesis dilakukan dengan uji ANOVA dua jalur untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar berdasarkan tingkat kemandirian dan model pembelajaran dan uji Post-Hoc-Comparison untuk mengetahui perbedaan dan hasil belajar yang paling berbeda diantara keempat kelompok. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan Software SPSS 16 dimana ANOVA dua jalur dan Post-Hoc-Comparison pada taraf signifikansi 0 05 yaitu dikatakan berbeda jika probabilitas kurang dari 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada siswa dengan tingkat kemandirian belajar tinggi baik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD maupun tipe Jigsaw pada siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 2 Pasuruan. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas 0 998. Pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif daripada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw bagi siswa dengan tingkat kemandirian rendah di UPT SMP Negeri 2 Pasuruan. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas 0 000. Kemandirian belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar Software Komputer pada siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 2 Pasuruan. Hal ini dapat filihat dari probabilitas 0 020 pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dan probabilitas 0 000 pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Ada interaksi antara tingkat kemandirian belajar dan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar Software Komputer. Hal ini dapat dilihat dari probabilitas 0 002. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian mengenai cara meningkatkan kemandirian belajar siswa melakukan penelitian dengan range yang lebih halus misalnya tingkat kemandirian tinggi sedang dan rendah serta melakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang dapat berinteraksi positif dengan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45780

Actions (login required)

View Item View Item