Hubungan antara social cognitive dan penguasaan keterampilan dengan kesiapan memasuki dunia kerja bagi siswa pada kompetensi keahlian TKJ SMK di Kota Malang / Nani Setyo Wulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara social cognitive dan penguasaan keterampilan dengan kesiapan memasuki dunia kerja bagi siswa pada kompetensi keahlian TKJ SMK di Kota Malang / Nani Setyo Wulan

Wulan, Nani Setyo (2012) Hubungan antara social cognitive dan penguasaan keterampilan dengan kesiapan memasuki dunia kerja bagi siswa pada kompetensi keahlian TKJ SMK di Kota Malang / Nani Setyo Wulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kesiapan memasuki dunia kerja social cognitive penguasaan keterampilan. Besarnya pengangguran di Indonesia masih menjadi masalah utama hingga saat ini. Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia per Agustus 2011 sebesar 7 7 juta orang dengan jumlah pengangguran yang didominasi oleh lulusan SMK. Hal ini menjadi sebuah ironi karena SMK yang seharusnya dipersiapkan menjadi angkatan kerja yang siap kerja. Kondisi ini menunjukkan adanya ketidaksiapan kerja pada siswa lulusan SMK yang terjun di dunia kerja. Ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam kesiapan memasuki dunia kerja dunia diantaranya adalah social cognitive dan penguasaan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap hubungan antara social cognitive (X1) dan penguasaan keterampilan (X2) dengan kesiapan memasuki dunia kerja (Y) pada siswa TKJ SMK di Kota Malang baik secara parsial maupun simultan serta mendeskripsikan masing-masing variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional.Pengambilan sampel dengan teknik purposive random sampling dengan jumlah responden 220 siswa. Analisis data dengan teknik regresi linear ganda untuk mengetahui besarnya hubungan (X1) dan (X2) dengan (Y) yang dilakukan dengan bantuan SPSS for Windows release 16. Hasil penelitian ini (1) Social cognitivedalam kategori tinggiyaitu sebanyak 115 responden(52 3%) (2) Penguasaan keterampilandalam kategori tinggi yaitu216responden (98 2%) (3) Kesiapan memasuki dunia kerjadalam kategori tinggi sebanyak 131 responden (59 5%). Nilai koefisien korelasi parsial antara X1 dengan Y yaitu Ry1 sebesar 0 659 nilai koefisien korelasi parsial antara X2 dengan Y yaitu Ry2 sebesar 0 238 besarnya nilai koefisien korelasi ganda 2 prediktor antara X1 dan X2 dengan Y yaituRsebesar 0.804dan nilai Fhitung sebesar 198 67.Sumbangan prediktor atau koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0 647 (64 7%). Kesimpulan penelitian ini (1) X1 X2 danY cenderung berada dalam kategori tinggi (2) Ada hubungan positif signifikan antara X1 dengan Y (3) Ada hubungan positif signifikan antara X2dengan Y (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45777

Actions (login required)

View Item View Item