Pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 2 R-SBI Bojonegoro / Indah Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 2 R-SBI Bojonegoro / Indah Rahmawati

Rahmawati, Indah (2012) Pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 2 R-SBI Bojonegoro / Indah Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media pembelajaran e-Learning Matematika SMPN 2 R-SBI Bojonegoro kelas VIII. Selama ini penerapan pembelajaran berbasis ICT masih belum merata dan kurang maksimal terutama pada pelajaran Matematika. Penggunaan media pada Matematika masih didominasi oleh papan tulis dan buku adapun web yang dibuat oleh guru Matematika hanya berisi gambar kegiatan Matematika di dalam sekolah dan sedikit materi sebagai syarat. Minimnya variasi media membuat siswa mudah jenuh malas belajar dan kurang motivasi belajar. Hal ini menyebabkan kurangnya nilai Matematika pada Ujian Nasional dibanding mata pelajaran lain di SMP Negeri 2 Bojonegoro. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Matematika yang berbasis e-Learning dan mengukur tingkat kelayakannya. Hasil akhir media ini nantinya disebut e-Math (e-Learning Mathematics). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap 1) analisis 2) disain 3) pengembangan 4) evaluasi dan 5) implementasi. Evaluasi proses dilakukan secara berulang hingga diperoleh hasil yang diharapkan yakni suatu media pembelajaran e-Math. Subjek coba pada penelitian ini terdiri dari ahli media ahli materi dan calon pengguna atau siswa. Setelah data uji coba didapat maka dilakukan pengelolaan data. Hasil pengelolaan data dianalisis menggunakan rumus presentase. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan didapat presentase hasil uji coba ahli media sebesar 96% ahli materi 96% siswa pada kelompok kecil 87% dan siswa pada uji lapangan kelompok besar 85% disimpulkan rata-rata presentase hasil uji coba sebesar 91% berarti pada media pembelajaran e-Math yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat diujicobakan lebih luas agar nantinya bisa diimplementasikan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45773

Actions (login required)

View Item View Item