Pengembangan bahan ajar dasar animasi 3D pada mata pelajaran multimedia SMK kelas XI / Laili Titis Zakiyatul - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar dasar animasi 3D pada mata pelajaran multimedia SMK kelas XI / Laili Titis Zakiyatul

Laili, Titis Zakiyatul (2012) Pengembangan bahan ajar dasar animasi 3D pada mata pelajaran multimedia SMK kelas XI / Laili Titis Zakiyatul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Animasi 3D Blender Dalam proses belajar mengajar penggunaan media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Dengan kualitas seorang guru yang dapat menjalankan sebuah media pembelajaran dengan baik maka kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif dan memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dengan menggunakan perangkat lunak Blender yang dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa pada pembelajaran Dasar Animasi 3 Dimensi Sekolah Menengah Kejuruan Kelas XI Jurusan Multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Sugiyono. Langkah-langkah pengembangan meliputi mengidentifikasi kebutuhan pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk dan produk massal. Pengambilan datanya meliputi instrumen angket untuk ahli media ahli materi siswa serta pre test dan post test. Hasil skripsi ini berupa bahan ajar dengan format teks gambar video tutorial dan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik tentang materi yang telah dipelajari. Uji coba bahan ajar dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Bahan ajar telah dievaluasi meliputi validasi perseorangan (ahli media ahli materi) dan uji media kepada 25 siswa kelas XI Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek dengan hasil terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil pre test sebelum menggunakan media pembelajaran dengan hasil post test yang meningkat sesudah menggunakan media pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran dasar animasi 3D untuk kelas XI di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media 85 18% ahli materi 95 13% dan uji media kepada 25 siswa 80 18%. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media interaktif pembelajaran dasar animasi 3D untuk siswa Kelas XI Semester empat di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45771

Actions (login required)

View Item View Item