Hubungan kesiapan belajar siswa, dan minat belajar siswa tergadap hasil belajar mata pelajaran TIK pada siswa kelas XI SMA di Kabupaten Tulungagung / Rifqi Agung Parsetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kesiapan belajar siswa, dan minat belajar siswa tergadap hasil belajar mata pelajaran TIK pada siswa kelas XI SMA di Kabupaten Tulungagung / Rifqi Agung Parsetyo

Prasetyo, Rifqi Agung (2012) Hubungan kesiapan belajar siswa, dan minat belajar siswa tergadap hasil belajar mata pelajaran TIK pada siswa kelas XI SMA di Kabupaten Tulungagung / Rifqi Agung Parsetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hubungan kesiapan belajar minat belajar hasil belajar Kemajuan suatu negara dapat dilihat dari kualitas pendidikan untuk itu Pemerintah melakukan berbagai upaya demi terwujudnya keberhasilan belajar. Salah satunya dengan lebih memperhatikan faktor yang mempengaruhi belajar seperti tentang kesiapan belajar maupun minat belajar. Dengan memperhatikan faktor belajar tersebut diharapkan adanya peningkatan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap hubungan antara kesiapan belajar siswa (X1) dan minat belajar (X2) dengan hasil belajar TIK siswa (Y) di Kabupaten Tulungagung baik secara parsial maupun simultan serta mendeskripsikan masing-masing variabel X1 X2 dan Y. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional untuk mengungkap hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat secara kuantitatif korelasional. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa SMAN di Kabupaten Tulungagung. Data yang diperoleh diuji dengan uji asumsi klasik untuk menguji prasyarat analisis dan uji hipotesis untuk mengungkap hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian (1) variabel X1 dalam kategori tinggi sebesar 35 3% dan sedang sebesar 47 5% (2) variabel X2 dalam kategori tinggi sebesar 38 5% dan sedang sebesar 46 6% (3) variabel Y dalam kategori sangat tinggi sebesar 92 7% (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar TIK siswa kelas XI SMAN di Kabupaten Tulungagung (5) Ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar TIK siswa kelas XI SMAN di Kabupaten Tulungagung (6) Ada hubungan positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan minat belajar dengan hasil belajar TIK siswa kelas XI SMAN di Kabupaten Tulungagung. Kesimpulan sumbangan prediktor terhadap kriteriumnya sebesar 13 8% yang dijabarkan sebagai (1) sumbangan efektif variabel X1 sebesar 7 8% (2) sumbangan efektif variabel X2 sebesar 6%. Sedangkan 86 2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar faktor yang diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45770

Actions (login required)

View Item View Item