Perbedaan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar siswa pada materi Microsoft Excel mata diklat KKPI kelas X di SMK Islam Batu / Yungsi Annaziroh

Annaziroh, Yungsi (2012) Perbedaan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar siswa pada materi Microsoft Excel mata diklat KKPI kelas X di SMK Islam Batu / Yungsi Annaziroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

.Kata Kunci: metode pembelajaran Team Assisted Individualization, metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining , hasil belajar. Penyelenggaraan pembelajaran merupakan hal yang menjadi tanggung jawab besar bagi seorang guru. Metode pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pemilihan dan penerapan metode pembelajaran dalam penyelenggaraan pembelajaran yang kurang tepat akan berdampak pada hasil belajar siswa. Kegiatan pembelajaran yang ada di SMK Islam Batu menggunakan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE). Metode ini memung-kinkan siswa untuk lebih aktif sebab pada akhir pembelajaran siswa ditunjuk oleh guru untuk menerangkan kembali materi yang telah dipelajari. Untuk materi-materi tertentu seperti Microsoft Excel akan terjadi masalah bila siswa yang ditunjuk oleh guru kurang mampu memahami materi sehingga siswa lain yang diterangkan menjadi semakin bingung. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa di SMK Islam Batu pada materi Microsoft Excel. Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) merupakan sebuah metode pembelajaran yang menitikberatkan pada kerja individu maupun kerja kelompok. Kerja kelompok dilakukan setelah siswa melakukan kerja secara individu. Saat siswa mengalami kesulitan dalam pengerjaan tugas individu ini, siswa bisa mendiskusikan dalam kelompok dan kemudian mendemonstrasikan hasilnya di depan kelas. Metode pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Metode yang dipilih oleh peneliti adalah metode kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperimen. Desain rancangan penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, Lembar Kerja Siswa (LKS), penghargaan tim, tes objektif dan lembar observasi afektif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hasil belajar siswa pada kelas kontrol meningkat dari rata-rata kemampuan awal 49,19 menjadi 80,26 sementara pada kelas eksperimen dari rata-rata kemampuan awal 48,26 menjadi 83,97. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan metode pembelajaran pada kelas kontrol dan eksperimen. Saran yang diberikan peneliti kepada guru bahwa metode pembelajaran pada kelas eksperimen (metode pembelajaran Team Assisted Individuaization) dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran di kelas. Selain itu, penggunaan metode ini juga harus memperhatikan karakteristik materi. Disarankan juga untuk penelitian selanjutnya meneliti sejauh mana pengaruh metode tersebut terhadap hasil belajar siswa.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45759

Actions (login required)

View Item View Item