Nashiroh, Putri Khoirin (2012) Perbedaan hasil belajar TIK menggunakan model CTL berbasis NHT dengan model pembelajaran kooperatif strategi expert group pada siswa kelas XI semester II SMAN 1 Purwosari / Putri Khoirin Nashiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci CTL NHT CTL Berbasis NHT Expert Group Kegiatan pembelajaran yang optimal dapat meningkatkan keberhasilan siswa. Salah satu faktor pendukung agar pembelajaran berlangsung dengan optimal adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dari hasil observasi di SMAN 1 Purwosari diketahui bahwa kegiatan pembelajaran berlangsung di laboratorium komputer dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Siswa mendengarkan dan mengikuti instruksi guru. Siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan model CTL berbasis NHT dan model pembelajaran kooperatif strategi expert group pada materi rumus dan rungsi program pengolah angka. Rancangan penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain pretest and posttest group. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 321 siswa terbagi ke dalam 8 kelas. Sampel penelitiannya adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas ekserimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Variabel dari penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu CTL berbasis NHT dan model pembelajaran kooperatif strategi Expert Group serta variabel terikatnya berupa hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL berbasis NHT pada kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dari pada penerapan model pembelajaran kooperatif strategi expert group pada kelas kontrol yaitu 83 03 80 45. Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu dengan nilai Sig(p) 0 002 0 05 dan terdapat pengaruh signifikan antara model CTL berbasis NHT terhadap hasil belajar dengan hubungan sebesar 80% serta sumbangan pengaruh 63 9% . Untuk kelas kontrol juga terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran kooperatif strategi expert group terhadap hasil belajar dengan hubungan sebesar 74 6% serta sumbangan pengaruh 55 7%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran CTL berbasis NHT dengan model pembelajaran kooperatif strategi expert group. Berdasarkan uji pengaruh kedua model pembelajaran sama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar dari kedua kelas sama-sama melampaui KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Sehingga kedua model pembelajaran bagus untuk diterapkan di dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45756 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |