Pengembangan Media Belajar Game Simulasi Puzzle untuk pembelajaran pengenalan dan perakitan komputer pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang / Baskoro Singgih Anindito - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Belajar Game Simulasi Puzzle untuk pembelajaran pengenalan dan perakitan komputer pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang / Baskoro Singgih Anindito

Anindito, Baskoro Singgih (2012) Pengembangan Media Belajar Game Simulasi Puzzle untuk pembelajaran pengenalan dan perakitan komputer pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang / Baskoro Singgih Anindito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media belajar game simulasi puzzle pengenalan dan perakitan komputer. Simulasi merupakan suatu model pengambilan keputusan dengan mencontoh atau mempergunakan gambaran sebenarnya dari suatu sistem kehidupan dunia nyata tanpa harus mengalaminya pada keadaan yang sesungguhnya. Dalam perakitan sebuah komputer diperlukan persiapan yang cukup dan peralatan yang akan digunakan. Saat merakit komputer dibutuhkan keahlian serta pemahaman sebelum merakit. Untuk itu perlu adanya suatu tahapan belajar sebelum perakitan berlangsung. Berdasarkan observasi dengan beberapa guru TIK di SMA Negeri 3 Malang yakni proses pembelajaran pengenalan dan perakitan komputer dilaksanakan dengan menggunakan satu atau dua komputer. Pada intinya sarana untuk praktikum perakitan komputer kurang memadai sehingga sebagai penggantinya video tutorial digunakan dalam pembelajaran. Akan tetapi pada saat ujian praktik perakitan komputer siswa masih belum memahami materi pengenalan dan perakitan komputer. Berdasarkan paparan di atas akan dikembangkan suatu media pembelajaran dalam bentuk Game Simulasi Puzzle untuk perakitan komputer yang berfungsi untuk memberikan latihan dasar bagi para siswa SMA kelas X (sepuluh) dalam mensimulasikan cara merakit komputer serta peringatan untuk mengidentifikasi kesalahan dalam pemasangan komponen dan petunjuk pembenarannya. Game Simulasi Puzzle ini menerapkan model pengembangan Research and Development (R D) dan metode pengembangan Waterfall. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menilai media sebagai indikator kelayakan Game Simulasi Puzzle. Hasil validasi media Game Simulasi Puzzle pada masing-masing tahapan uji coba yaitu (1) persentase hasil validasi ahli media sebesar 97 32% dan Game Simulasi Puzzle dinyatakan valid (2) persentase hasil validasi ahli materi sebesar 97 5% dan Game Simulasi Puzzle dinyatakan valid dan (3) persentase hasil uji coba pemakaian Game Simulasi Puzzle terhadap siswa sebesar 86 99% dan Game Simulasi Puzzle dinyatakan valid. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan media belajar Game Simulasi Puzzle dapat dibangun dan diujicobakan untuk pembelajaran pengenalan danperakitan komputer pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang. Pada tahap ujicoba persentase hasil uji coba pemakaian Game Simulasi Puzzle sebesar 86 99%. Persentase tersebut termasuk kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Game Simulasi Puzzle layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45755

Actions (login required)

View Item View Item