Perbedaan penerapan model problem based learning (PBL) yang dipadu think poair share (TPS) dengan model Direct Intruction (DI) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X SMAN 1 Purwosari / Purnomo Hadi Susilo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan model problem based learning (PBL) yang dipadu think poair share (TPS) dengan model Direct Intruction (DI) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X SMAN 1 Purwosari / Purnomo Hadi Susilo

Susilo, Purnomo Hadi (2012) Perbedaan penerapan model problem based learning (PBL) yang dipadu think poair share (TPS) dengan model Direct Intruction (DI) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X SMAN 1 Purwosari / Purnomo Hadi Susilo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning (PBL) Think Pair Share (TPS) Pembelajaran Langsung Direct Intruction Hasil Belajar. Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya nilai hasil belajar TIK siswa. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran komputer di SMAN 1 Purwosari guru sering kali menggunakan model pembelajaran langsung (direct intruction). Model pembelajaran ini menekankan pembelajaran yang didominasi oleh guru (teacher centered) sehingga siswa masih belum bisa memahami apa yang telah dijelaskan oleh guru. Masalah tersebut dapat diatasi yaitu dengan merubah paradigma teacher centered menjadi student centered melalui penelitian tentang perbedaan penerapan model problem based learning (PBL) yang dipadu think pair share (TPS) dengan Direct Intruction (DI) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X SMAN 1 Purwosari. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pre test dan post test design yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X semester II (dua) SMAN 1 Purwosari tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik sampling kelompok (cluster sampling) yaitu dipilihkan oleh guru mata pelajaran TIK yang mengajar 9 kelas tersebut atas pertimbangan hasil nilai dari masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data dengan tes obyektif dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL yang dipadu TPS dengan model pembelajaran langsung mempunyai perbedaan terhadap hasil belajar. Hasil penelitian tersebut ditandai dengan adanya perbedaan hasil belajar TIK siswa yang diajar menggunakan model PBL yang dipadu TPS dengan model DI dimana nilai hasil belajar Thitung(3 544) (1 992)Ttabel dan Nilai rata-rata hasil belajar TIK siswa kelas eksperimen dan kontrol sebesar 82 39 untuk kelas eksperimen dan 76 80 untuk kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran PBL yang dipadu TPS dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar melakukan operasi dasar pada Operating System (OS) komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45749

Actions (login required)

View Item View Item