Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif mata pelajaran Geografi pokok materi litosfer untuk siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Meilida Argitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif mata pelajaran Geografi pokok materi litosfer untuk siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Meilida Argitasari

Argitasari, Meilida (2012) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif mata pelajaran Geografi pokok materi litosfer untuk siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Meilida Argitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia. Media pembelajaran dalam bentuk multimedia yang dapat mempercepat penyampaian informasi sehingga kegiatan pembelajaran juga dinilai lebih praktis efisien dan menyenangkan. Multimedia interaktif dirancang khusus dengan dengan perpaduan dari teks gambar suara animasi dan juga video. Penggunaan multimedia interaktif ini diharapkan dari segi waktu dan kejelasan materi pemelajaran dapat tersampaikan dengann baik. Materi litosfer merupakan salah satu cabang dari ilmu geografi pada materi ini siswa marasa sulit untuk memahami materi terbukti dari data nilai siswa kelas X3 dengan jumlah siswa 39 hanya 17 siswa yang memiliki nilai diatas 75. Dari analisis masalah diatas dapat disimpulkan bahwa materi litosfer ini memiliki banyak unsur gambar didalamnya oleh karena itu materi ini akan lebih mudah dipahami oleh siswa apabila dikemas dalam bentuk multimedia interaktif. Berdasarkan penjelasan tersebut diharapkan tingkat keberhasilan siswa dapat meningkat dengan menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif dan juga untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat membantu dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Sugiyono yang disebut Research and Development (R D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran ini telah diujicobakan kepada ahli materi dengan hasil 92% ahli media 95% dan siswa 88 7% sehingga media pembelajaran ini dapat dikatakan valid dan tidak perlu di revisi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan dalam membantu proses pembelajaran. Disarankan untuk kedepannya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45735

Actions (login required)

View Item View Item