Perbedaan motifasi dan hasil belajar siswa antara model PBL (Project Bassed Learning)-GRASPS dengan model PBL (Project Based Learning) pada standar kopentensi menerapkan dasar-dasar pembuatan WEB statis kelas X SMKN 1 Kraksaan / Dinda Dwita Arianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motifasi dan hasil belajar siswa antara model PBL (Project Bassed Learning)-GRASPS dengan model PBL (Project Based Learning) pada standar kopentensi menerapkan dasar-dasar pembuatan WEB statis kelas X SMKN 1 Kraksaan / Dinda Dwita Arianti

Arianti, Dinda Dwita (2012) Perbedaan motifasi dan hasil belajar siswa antara model PBL (Project Bassed Learning)-GRASPS dengan model PBL (Project Based Learning) pada standar kopentensi menerapkan dasar-dasar pembuatan WEB statis kelas X SMKN 1 Kraksaan / Dinda Dwita Arianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model PBL (Project Based Learning) metode GRASPS (Goal Role Audience Situation Product Standards) Motivasi Belajar Hasil Belajar Masalah dalam proses belajar mengajar yang terdapat di SMKN 1 Kraksaan khususnya siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak adalah kurangnya motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat diperjelas oleh faktor pendukung sebagai berikut antara lain a) masih banyak siswa yang mengobrol dengan temannya pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan di laboratorium komputer b) siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan dari guru lalu mengikuti langkah-langkah praktik di laboratorium yang dilakukan oleh guru c) siswa kurang aktif dalam bertanya kepada guru mengenai materi mana yang sekiranya masih belum dipahami d) siswa kurang berani dan terampil dalam mengajukan pendapat dan menjawab pertanyaan dari guru e) siswa tidak mengetahui aplikasi nyata dari pelajaran yang ia dapatkan dari guru. Masalah dalam proses belajar mengajar berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah dimana rendahnya kemampuan daya serap siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan guru. Penelitian ini bertujuan mengungkap perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model PBL-GRASPS dan kelas kontrol yang menggunakan model PBL. Rancangan penelitian menggunakan pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Kraksaan Tahun Ajaran 2011/2012.Sampel adalah kelas X RPL 1 berjumlah 32 siswa yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL 2 berjumlah 32 siswa siswa yang digunakan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket motivasi rubrik observasi proyek dan soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa kelas PBL-GRASPS dengan kelas PBL. Perbedaan disebabkan karena dalam kelas PBL-GRASPS siswa dilibatkan dengan kelompok lain (persaingan sehat) yang menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif dibandingkan dengan siswa kelas PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45733

Actions (login required)

View Item View Item