Perbedaan hasil belajar pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui penggunaan metode talking stick dengan metode kerja kelompok pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Torjun / Henny Nur Afnillah

Afnillah, Henny Nur (2012) Perbedaan hasil belajar pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui penggunaan metode talking stick dengan metode kerja kelompok pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Torjun / Henny Nur Afnillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arifin, S.Si, M.Kom. Kata kunci: hasil belajar, TIK, metode talking stick, metode kerja kelompok Pada pembelajaran TIK umumnya peserta didik mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep. Kesulitan tersebut disebabkan antara lain karena pembelajaran TIK pada umumnya cenderung berorientasi pada guru dan pelaksanaannya dilakukan secara metode kerja kelompok. Agar siswa merasa senang dan tertarik untuk belajar TIK perlu dibangun pembelajaran dengan suasana santai, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa salah satunya dengan menggunakan metode talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar TIK siswa dengan menggunakan metode talking stick, mendeskripsikan hasil belajar TIK siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok, dan mengetahui perbedaan hasil belajar TIK siswa melalui penggunaan metode talking stick dengan metode kerja kelompok. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian menggunakan prates (pretest) dan pasca tes (posttest) atau pretest-posttest control group design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu motode pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Torjun yang berjumlah delapan kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas XII IPA-4 sebagai kelas yang menggunakan metode talking stick dan kelas XII IPA-3 sebagai kelas yang menggunakan metode kerja kelompok. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, lembar observasi, dan tes tulis (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kedua metode pembelajaran yaitu uji-t yang dihitung dengan bantuan SPSS. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode talking stick, didapatkan nilai tertinggi adalah 91,24 dan nilai terendah adalah 73,87 serta nilai rata-rata hasil belajar adalah 83,87. Sedangkan pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok didapatkan nilai tertinggi adalah 82,53 dan nilai terendah adalah 65,24 serta nilai rata-rata hasil belajar adalah 74,49. Berdasarkan analisis data ujiÔÇôt dua pihak diperoleh nilai thitung (8,972) lebih besar dari ttabel (2,001) dan nilai Sig. (0,000) kurang dari 0,05 maka didapatkan kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pelajaran TIK siswa yang menggunakan metode talking stick dengan yang menggunakan metode kerja kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45728

Actions (login required)

View Item View Item