Pengembangan m-learning berbasis multimedia interaktif sebagai media pembelajaran TIK kelas IX pada standar kompetensi memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet di SMP Negeri 4 Malang / Rosmiyatul Fakhiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan m-learning berbasis multimedia interaktif sebagai media pembelajaran TIK kelas IX pada standar kompetensi memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet di SMP Negeri 4 Malang / Rosmiyatul Fakhiroh

Fakhiroh, Rosmiyatul (2012) Pengembangan m-learning berbasis multimedia interaktif sebagai media pembelajaran TIK kelas IX pada standar kompetensi memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet di SMP Negeri 4 Malang / Rosmiyatul Fakhiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci mobile learning media pembelajaran multimedia interaktif Penggunaan handphone di kalangan siswa belum dapat dimaksimalkan untuk mendukung hal-hal yang bersifat edukatif. Sebagian besar siswa cenderung menggunakan handphone hanya untuk keperluan hiburan saja seperti halnya yang terjadi pada siswa SMP Negeri 4 Malang. Di SMP tersebut banyak siswa yang belum pernah memanfaatkan mobile learning dalam kegiatan belajar baik yang sifatnya online ataupun offline. Padahal potensi mobile learning dirasa dapat memberikan pengaruh positif dan menghadirkan pembelajaran yang lebih interaktif dengan berbasiskan multimedia. Tujuan yang diambil dalam penelitian ini adalah mengembangkan mobile learning serta menguji kelayakannya sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran TIK kelas IX pada standar kompetensi memahami dasar-dasar penggunaan Internet/Intranet di SMP Negeri 4 Malang. Pada penelitian ini model pengembangan media pembelajaran yang digunakan mengadopsi model Sugiyono yang dimodifikasi dengan tahapan sebagai berikut (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji coba perorangan (7) revisi produk (8) uji coba kelompok kecil dan (9) revisi produk. Sedangkan untuk model perancangan dan pengembangan perangkat lunak yang digunakan mengadopsi model pengembangan waterfall yang tahapannya terdiri dari (1) Analisis (2) Desain (3) Pengkodean dan (4) Pengujian. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa aplikasi perangkat lunak media pembelajaran yang memiliki tiga menu utama yaitu penyajian materi soal latihan dan pencarian kata sulit. Pengukuran kelayakan atau kualitas media pembelajaran m-learning yang dikembangkan ini dilakukan oleh ahli media ahli materi dan siswa kelas IX sebagai subyek uji coba. Berdasarkan hasil validasi ahli media ahli materi uji perorangan serta uji kelompok kecil diperoleh data akhir sebesar 96 7% untuk ahli media 83 3% untuk ahli materi 87% untuk uji perorangan dan 89 6% untuk uji kelompok kecil. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa m-learning yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45727

Actions (login required)

View Item View Item