Pengembangan web komunitas (web education) sebagai media pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk siswa SMA negeri se Kota Malang / Retno Indah Rokhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan web komunitas (web education) sebagai media pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk siswa SMA negeri se Kota Malang / Retno Indah Rokhmawati

Rokhmawati, Retno Indah (2012) Pengembangan web komunitas (web education) sebagai media pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk siswa SMA negeri se Kota Malang / Retno Indah Rokhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media pembelajaran web komunitas. Electronic learning (e-learning) merupakan salah satu bentuk media pembelajaran yang marak dikembangkan. Bentuk e-learning sangat beragam antara lain animasi internet video tutorial website dan lain sebagainya. Salah satu bentuk e-learning yang kerap dijumpai adalah website. Website yang memuat konten pembelajaran mendukung siswa untuk belajar secara mandiri. Sifat website yang bisa diakses kapan pun dan dimana pun menjadikan website pembelajaran memiliki keunggulan yang tidak dimiliki saat pembelajaran di kelas. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan beberapa guru SMA di Kota Malang muncul salah satu fakta yakni siswa membutuhkan sumber belajar yang tidak hanya menyajikan materi TIK sesuai dengan kurikulum sekolah tetapi juga menyediakan fitur forum untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan TIK. Dengan demikian ketika siswa SMA yang ingin mengikuti perlombaan tentang TIK siswa dapat memperluas wawasannya melalui forum diskusi dan siswa dapat mengasah kemampuannya dengan mengerjakan latihan soal. Berdasarkan paparan di atas akan dikembangkan website komunitas sebagai media pembelajaran TIK untuk siswa SMA Negeri se Kota Malang. Web komunitas ini selanjutnya disebut Web Education atau WebEdu. WebEdu ini menerapkan model pengembangan Research and Development (R D) dan model pengembangan Prototyping. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menilai media dan skor latihan soal sebagai indikator kelayakan WebEdu. Hasil validasi WebEdu pada masing-masing tahapan uji coba yaitu (1) persentase hasil validasi ahli media sebesar 98% dan WebEdu dinyatakan valid (2) persentase hasil validasi ahli materi sebesar 83 33% dan WebEdu dinyatakan valid dan (3) persentase hasil uji coba pemakaian WebEdu terhadap siswa sebesar 85 4% dan WebEdu dinyatakan valid. WebEdu dapat membantu siswa untuk memperdalam pemahaman terhadap suatu materi. Hal ini dapat dibuktikan dari perolehan skor latihan soal pada WebEdu dibandingkan dengan skor ulangan harian siswa dengan hasil sebagai berikut (1) di SMAN 3 Malang siswa memperoleh skor tertinggi 100 skor terendah 75 dan skor rata-rata meningkat dari 84 4 menjadi 87 9 (2) di SMAN 8 Malang siswa memperoleh skor tertinggi 100 skor terendah 80 dan skor rata-rata meningkat dari 87 4 menjadi 91 1 dan (3) di SMAN 9 Malang siswa memperoleh skor tertinggi 95 skor terendah 65 dan skor rata-rata meningkat dari 76 78 menjadi 81 48. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa WebEdu valid digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu WebEdu dapat membantu siswa untuk memperdalam pemahaman terhadap suatu materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45725

Actions (login required)

View Item View Item