Perbedaan hasil belajar siswa antara metode Numbered Head Together (NHT) berbasis CTL dengan metode NHT pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK kelas X SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar / Inge Ratna Dwi Alitalya

Alitalya, Inge Ratna Dwi (2012) Perbedaan hasil belajar siswa antara metode Numbered Head Together (NHT) berbasis CTL dengan metode NHT pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK kelas X SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar / Inge Ratna Dwi Alitalya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), CTL, NHT berbasis CTL Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki secara aktif. Hasil observasi di SMAN 1 Sutojayan menunjukkan bahwa fasilitas laboratorium komputer kurang memadai dan metode belajar yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Metode belajar masih berpusat pada guru yang menyebabkan siswa cenderung pasif dan hasil belajar pun rendah. Agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka perlu diterapkan metode belajar yang sesuai dengan kondisi di kelas. Penelitian ini menerapkan metode NHT berbasis CTL pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan metode NHT berbasis CTL dengan metode NHT pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK serta pengaruh dari kedua metode belajar terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sutojayan tahun ajaran 2011/2012. Peneliti menggunakan purposive sampling dengan kelas X.7 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode NHT berbasis CTL dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol menggunakan metode NHT. Variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode NHT berbasis CTL pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata hasil belajar lebih tinggi dari pada penerapan metode NHT pada kelas kontrol, yaitu 84,799 > 81,086. Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan, yaitu dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode NHT berbasis CTL terhadap hasil belajar dengan hubungan sebesar 85,5% dan sumbangan pengaruh sebesar 73,1%. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara metode NHT terhadap hasil belajar dengan hubungan sebesar 42,5% dan sumbangan pengaruh 18,1%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode NHT berbasis CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan penerapan metode NHT juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, penerapan metode NHT berbasis CTL lebih baik dari pada penerapan metode NHT. Hal ini dikarenakan peningkatan hasil belajar siswa dengan metode NHT berbasis CTL lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan metode NHT. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan metode NHT berbasis CTL dan kelas yang menerapkan metode NHT. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua metode belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Sutojayan ÔÇô Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45722

Actions (login required)

View Item View Item