Perbedaan model pembelajaran project based learning dipadu dengan pola tutor sebaya dan pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar mata pelajaran TIK pada siswa kelas XI SMAN 3 Malang / Andriana Palupi

Palupi, Andriana (2012) Perbedaan model pembelajaran project based learning dipadu dengan pola tutor sebaya dan pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar mata pelajaran TIK pada siswa kelas XI SMAN 3 Malang / Andriana Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Project Based Learning, Tutor Sebaya, Direct Instruction. Pada umumnya masalah yang sangat menonjol yang dihadapi oleh pendidikan di Indonesia saat ini adalah hasil belajar para siswa yang belum memuaskan. Oleh karena itu, dalam hal ini diupayakan suatu model pembelajaran yang lebih interaktif untuk meningkatkan pembelajaran yang efektif dan efisien di dalam kelas. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 3 Malang, peneliti menemukan beberapa masalah, di antaranya metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah tersebut masih bersifat direct instruction dimana guru cenderung lebih aktif dibanding siswa, sehingga dalam hal ini siswa merasa jenuh, bosan dan tidak mempunyai semangat untuk belajar. Siswa hanya duduk manis mendengarkan penjelasan dari gurunya tanpa ada timbal balik yang signifikan antara siswa dan guru. Model pembelajaran project based learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pada peningkatan kemampuan analytical and critical thinking siswa. Explorative, team work and communication skills merupakan landasan untuk berkembangnya kedua skills tersebut. Skills tersebut juga merupakan landasan siswa sebagai long live learners. Dalam model pembelajaran ini, sekelompok siswa diminta untuk mengerjakan suatu project dengan outcome jelas adalah skills tersebut. Guru bertindak sebagai fasilitator, dan memberikan feed back secara bertahap. Pembelajaran dengan tutor sebaya dapat dipandang sebagai suatu reaksi terhadap pengajaran klasikal dengan kelas yang terlampau besar dan padat sehingga guru atau tenaga pengajar tak dapat memberikan bantuan individual. Rancangan penelitian ini yaitu eksperimen kuantitatif dengan pretestposttest control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas XI SMAN 3 Malang tahun pelajaran 2011/2012, sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis terhadap hasil belajar siswa yaitu menghasilkan Sig(p) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang siginifikan antara metode pembelajaran project based learning inovasi tutor sebaya dengan metode direct instruction. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu penerapan metode project based learning dipadu tutor sebaya pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol karena siswa lebih bisa aktif dan dapat mengolah pengetahuannya untuk menyelesaikan masalah dengan strategi project sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45720

Actions (login required)

View Item View Item