Perbedaan hasil belajar pelajaran TIK melalui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Torjun Kabupaten Sampang / Chori Fauzan Adhim - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar pelajaran TIK melalui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Torjun Kabupaten Sampang / Chori Fauzan Adhim

Adhim, Chori Fauzan (2012) Perbedaan hasil belajar pelajaran TIK melalui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Torjun Kabupaten Sampang / Chori Fauzan Adhim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar TIK metode teams games tournament metode kooperatif Pada pembelajaran TIK umumnya peserta didik mengalami kesulitan dalam pemahaman materi pelajaran siswa cenderung merasa bosan ketika mengikuti pelajaran dan berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa yaitu dengan rata-rata nilai hasil data belajar 56 80 yang masih di bawah SKM di SMAN 1 Torjun yaitu 75. Kesulitan tersebut disebabkan antara lain karena pembelajaran TIK pada umumnya cenderung berorientasi pada guru dan pelaksanaannya dilakukan secara kooperatif atau metode kerja kelompok. Agar siswa merasa senang dan tertarik untuk belajar TIK perlu dibangun pembelajaran dengan suasana santai bermakna dan menyenangkan bagi siswa salah satunya dengan menggunakan metode teams games tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar TIK siswa dengan menggunakan metode teams games tournament mendeskripsikan hasil belajar TIK siswa dengan menggunakan metode kooperatif dan mengetahui perbedaan hasil belajar TIK siswa melalui penggunaan metode teams games tournament dengan metode kooperatif. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen desain berimbang menggunakan prates (pretest) dan pasca tes (posttest) atau pretest-posttest control group design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu motode pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Torjun yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XII IPA-1 sebagai kelas yang menggunakan metode kooperatif dan kelas XII IPA-2 sebagai kelas yang menggunakan metode teams games tournament. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus RPP LKS lembar observasi penugasan dan tes tulis (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kedua metode pembelajaran yaitu uji-t yang dihitung dengan bantuan SPSS 16 for windows. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode teams games tournament didapatkan nilai tertinggi adalah 93 20 dan nilai terendah adalah 76 29 serta nilai rata-rata hasil belajar adalah 86 53. Sedangkan pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif didapatkan nilai tertinggi adalah 81 63 dan nilai terendah adalah 60 29 serta nilai rata-rata hasil belajar adalah 73 88. Berdasarkan analisis data uji t dua pihak diperoleh nilai thitung (11 836) lebih besar dari ttabel (2 001) dan nilai Sig. (0 000) kurang dari 0 05 maka disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar pelajaran TIK siswa yang menggunakan metode team games tournament dengan yang menggunakan metode kooperatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45718

Actions (login required)

View Item View Item