Perbedaan prestasi belajar siswa antara metode pembelajaran problem posing-think pair square dengan metode pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran fotografi kelas X semester 2 / Rendy Arytia Risky Pratama

Pratama, Rendy Arytia Risky (2012) Perbedaan prestasi belajar siswa antara metode pembelajaran problem posing-think pair square dengan metode pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran fotografi kelas X semester 2 / Rendy Arytia Risky Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ata kunci: metode pembelajaran Think Pair Square , metode pembelajaran Problem Posing , prestasi belajar, materi pemfokusan kamera dan pengeditan foto digital Pembelajaran TIK mencakup pemahaman konsep dan praktek. Siswa akan semakin memahami bidang TIK dengan belajar secara aktif didukung sarana yang lengkap. Penelitian ini mengkaji penerapan metode pembelajaran Problem Posing-Think Pair Square dengan tujuan penelitian yaitu : (1)mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Problem Posing-Think Pair Square; (2) mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Direct Insruction; (3) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara metode pembelajaran Problem Posing-Think Pair Square dengan metode pembelajaran Direct Instruction pada mata pelajaran fotografi kelas X semester 2. Pada penelitian ini digunakan rancangan penelitian kuantatif yang melibatkan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Kelompok kontrol adalah kelas X MMC dengan jumlah 36 siswa dan kelas eksperimen adalah kelas X MMB, 36 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya instrumen perlakuan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, tugas dan lembar kerja, lembar observasi, dan angket. Instrumen pengukuran hasil perlakuan berupa soal pretest-postest dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Posing-Think Pair Square pada kelas eksperimen memiliki rata-rata prestasi belajar lebih tinggi daripada penerapan merode pembelajaran Direct Instruction pada kelas kontrol yaitu 82,7 > 77,7. Prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu dengan nilai Sig(p) 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu penerapan metode pembelajaran Problem Posing-Think Pair Square pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol karena siswa lebih bisa aktif dan dapat berpikir kreatif membuat dan menyelesaikan permasalahan dan terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar siswa antara metode pembelajaran Problem Posing-Think Pair Square dengan metode pembelajaran Direct Instruction kelas X Multimedia di SMK PGRI 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45717

Actions (login required)

View Item View Item