Pembuatan media pembelajaran TIK berbasis web pada standar kompetensi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan prospeknya di SMP Negeri 16 Malang / Errick Rachman Perdana

Perdana, Errick Rachman (2012) Pembuatan media pembelajaran TIK berbasis web pada standar kompetensi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan prospeknya di SMP Negeri 16 Malang / Errick Rachman Perdana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci:media pembelajaran, web, TIK Pemilihan jenis media pembelajaran yang tepat perlu diperhitungkan dengan matang untuk mempermudah penyampaian informasi yang akan diberikan kepada siswa. Guru juga harus memikirkan media yang sesuai dengan kondisi siswa, karakteristik materi ajar, dan fasilitas yang tersedia. Salah satu media yang cocok dan memenuhi ketiga kriteria tersebut adalah media pembelajaran berbasis web. Media pembelajaran berbasis web ini sesuai dengan kondisi siswa, dimana saat ini jarang ditemui siswa yang belum pernah membuka web, sehingga media berbasis web bukanlah menjadi sesuatu yang baru. Kriteria materi ajar yang akan disajikan pun cocok bila ditampilkan dalam media web karena pada mediaberbasis web dapat mengakomodasi materi ajar dalam bentuk teks, gambar, audio, video, animasi dan multimedia lainnya.Penelitian ini bertujuan untukmengembangkan media pembelajaran TIK berbasis web pokok bahasanpenggunaan TIK dan prospeknya sebagai media alternatif pembelajaran TIK kelas VII di SMPN 16 Malang serta mengukur tingkat kelayakan media. Pada penelitian ini, model pengembangan yang digunakan adalah model Sugiyono yang telah dimodifikasi. Adapun langkah-langkah penelitian dari modelSugiyono yang telah dimodifikasi sebagai berikut : (1) potensi dan masalah, (2) merumuskan tujuan, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) validasi produk, (7) revisi produk, (8) uji lapangan.Produk yang disajikan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis web. Media pembelajaran ini adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan melalui koneksi jaringanintranet maupun internet. Media pembelajaran berbasis web memiliki tigafitur utama yaitu (1)fiturmateri; (2)fitursajiandownload; dan (3)media evaluasi. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis web pada standar kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)dan prospeknya yang dikembangkan untuk kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 16 malang. Media ini pembelajaran berbasis web mencapai tingkat kelayakan oleh ahli mediadan materidengan persentase 96,00% dan 99,10%. Hasil uji coba perorangankepada guru dansiswamencapaitingkatkelayakan 98,48%dan 93,18%. Sedangkanuntukujilapangan media pembelajaran berbasis web di SMP Negeri 16 malang dengan mengambil sampel kelas VII-G yang terdiri dari 35 siswa dan mencapai tingkat kelayakan dengan persentase 85,42%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45702

Actions (login required)

View Item View Item