Implementasi direct intruction berbasis modul dan tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar TIK pokok bahasan membuat lembar kerja(worksheet) menggunakan formula dan grafik program aplikasi pengolahan angka(MS Excel) pada siswa kelas XI IPA 3 di SMAN - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi direct intruction berbasis modul dan tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar TIK pokok bahasan membuat lembar kerja(worksheet) menggunakan formula dan grafik program aplikasi pengolahan angka(MS Excel) pada siswa kelas XI IPA 3 di SMAN

Bayusih A., Andika (2012) Implementasi direct intruction berbasis modul dan tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar TIK pokok bahasan membuat lembar kerja(worksheet) menggunakan formula dan grafik program aplikasi pengolahan angka(MS Excel) pada siswa kelas XI IPA 3 di SMAN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci direct instruction berbasis modul tutor sebaya motivasi belajar prestasi belajar Siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Kesamben memiliki motivasi dan prestasi yang rendah. Gejala yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar mata pelajaran TIK antara lain (1) tidak semua siswa antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran (2) tidak semua siswa memperhatikan ketika guru sedang menyampaikan materi pelajaran bahkan siswa cenderung apatis sehingga ketertiban kelas menjadi terganggu (3) jika tidak diberikan sangsi tertentu atau diberi penguatan dalam bentuk punishment siswa akan melakukan kegiatan lain di dalam kelas seperti mengerjakan PR matapelajaran lain tidur berbicara sendiri atau bahkan di luar kelas untuk pergi ke kantin di luar jam istirahat. Hal ini dikarenakan kurangnya keterlibatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sehingga kebanyakan siswa cenderung pasif dan hanya siswa-siswa tertentu saja yang mau dan mampu menjawab pertanyaan. Rendahnya motivasi belajar dan aktivitas siswa tersebut berdampak terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana implementasi direct instruction berbasis modul dan tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar TIK pokok bahasan membuat lembar kerja (worksheet) menggunakan formula dan grafik program aplikasi pengolah angka (Ms. Excel) pada siswa kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Kesamben dan (2) Bagaimana implementasi direct instruction berbasis modul dan tutor sebaya dalam meningkatkan prestasi belajar TIK pokok bahasan membuat lembar kerja (worksheet) menggunakan formula dan grafik program aplikasi pengolah angka (Ms. Excel) pada siswa kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Kesamben. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Instrumen penelitian berupa lembar wawancara catatan lapangan lembar penilaian motivasi lembar penilaian kognitif lembar penilaian afektif lembar penilaian psikomotor dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi direct instruction berbasis modul dan tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK pokok bahasan membuat lembar kerja (worksheet) menggunakan formula dan grafik program aplikasi pengolah angka (Ms. Excel) pada siswa kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Kesamben. Berdasarkan paparan data diperoleh nilai skor rata-rata motivasi belajar siswa siklus I adalah 56 36% dengan kategori cukup sedangkan siklus II skor rata-rata motivasi belajar siswa adalah 71 76% dengan kategori baik. Skor rata-rata motivasi belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 15 4%. Berdasarkan paparan data prestasi belajar menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa dilihat dari aspek kognitif pada siklus I adalah 80 56% sedangkan pada siklus II sebesar 88 88%. Aspek afektif pada siklus I sebesar 33 33% dan siklus II sebesar 75%. Aspek psikomotorik pada siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 86 11%. Persentase ketuntasan belajar siswa dilihat dari ketiga aspek prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aspek kognitif meningkat sebesar 8 32% aspek afektif meningkat sebesar 41 67% sedangkan aspek psikomotorik meningkat sebesar 11 11%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45700

Actions (login required)

View Item View Item