Izzah, Uswatul (2023) Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI MIPA 5 SMA Laboratorium UM pada Mata Pelajaran Biologi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Adanya tuntutan abad 21 membuat kecakapan literasi sains perlu ditingkatkan, salah satunya dengan menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning terintegrasi Game Based Learning untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana pelaksanaannya dilakukan pada pembelajaran biologi kelas XI materi Sistem Ekskresi dan Koordinasi. Seluruh siswa kelas XI MIPA 5 SMA Lab UM menjadi subjek penelitian dengan data yang diteliti berupa keterlaksanaan pembelajaran, literasi sains, dan hasil belajar kognitif. Analisis deskriptif dilakukan pada data keterlaksanaan pembelajaran, sementara analisis rerata, uji N-gain, dan uji Wilcoxon dilakukan pada data literasi sains dan hasil belajar kognitif. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada skor N-gain literasi sains sebesar 0,44; skor N-gain hasil belajar kognitif sebesar 0,12; serta tidak terjadinya peningkatan yang signifikan (1%) pada persentase keterlaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 04:06 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 04:06 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4570 |
Actions (login required)
View Item |