Pengembangan sumber belajar pembuatan website menggunakan CMS Joomla berbasis moodle pada pendidikan jarak jauh / Warda Isnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar pembuatan website menggunakan CMS Joomla berbasis moodle pada pendidikan jarak jauh / Warda Isnaini

Isnaini, Warda (2012) Pengembangan sumber belajar pembuatan website menggunakan CMS Joomla berbasis moodle pada pendidikan jarak jauh / Warda Isnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Belajar mandiri pembelajaran berbasis web Pendidikan Jarak Jauh. Distance Learning atau pendidikan jarak jauh (PJJ) adalah pendidikan dengan karakteristik adanya keterpisahan antara pendidik dan peserta didik. Penerapan PJJ di Indonesia ini dikarenakan secara umum negera Indonesia terdiri dari pulau-pulau sehingga menyebabkan pendidikan tidak merata selain itu karena adanya keterbatasan pemanfaatan sumber belajar yang selama ini hanya mengacu pada media cetak (buku). Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sumber belajar yang bisa diakses dari berbagai daerah tanpa adanya keterbatasan tempat ruang dan waktu sehingga peserta didik dapat belajar lebih mandiri. Oleh sebab itu diperlukan program-program yang mendukung aplikasi e-learning. Moodle adalah salah satu software yang digunakan untuk pembelajaran berbasis web dan dapat dilakukan pembelajaran mandiri. Penelitian ini akan mengembangkan sumber belajar menggunakan Moodle yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Dick and Carey yang telah disesuaikan dengan keperluan dan pengembangan. Model ini mengarah pada upaya menambah bahan suplemen belajar dengan urutan-urutan kegiatan pengembangan yang sistematis yang terdiri dari 5 tahap diantaranya Tahap I dengan menetapkan mata pelajaran yang akan dikembang-kan. Tahap II mengidentifikasi kurikulum mata pelajaran yang akan dikembangkan. Tahap III merumuskan langkah-langkah pengembangan pada tahap inilah model pengembangan Dick and Carey diterapkan tetapi dalam pengembangan ini tidak semua langkah yang ada di dalam teori pengembangan Dick and Carey di-gunakan hanya langkah ke-1 sampai langkah ke-7. Tahap IV pengembangan sumber belajar alternatif berbasis website. Tahap V adalah uji coba dan revisi produk pengembangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media ahli materi dan responden. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Sampel uji coba diambil dari peserta didik SMK Negeri 10 Malang dan SMK Negeri 2 Singosari. Sumber belajar yang dihasilkan berbentuk web yang terdiri dari modul berupa teks dalam format Pdf ilustrasi gambar/foto audio-video dan dilengkapi fasilitas penunjang seperti forum chat kuis dan latihan atau penugasan. Sumber belajar menggunakan Moodle ini dapat diakses melalui internet dan dapat digunakan untuk pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas. Hasil validasi sumber belajar dari ahli media menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 84% ahli materi menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 87 5% uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 85 5% dan uji coba lapangan menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 85 7%. Sumber belajar yang dikembangkan ini dapat diterapakn pada siswa PJJ siswa tingkat SMK dan masyarakat umum. Penulisan skripsi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi suplemen untuk pembelajaran materi Pembuatan Website menggunakan CMS Joomla.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45699

Actions (login required)

View Item View Item