Perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran metode STAD berbasis problem solving dengan metode STAD pada materi melakukan perbaikan periferal kelas X TKJ SMK Negeri 6 Malang / Titik Dewi Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran metode STAD berbasis problem solving dengan metode STAD pada materi melakukan perbaikan periferal kelas X TKJ SMK Negeri 6 Malang / Titik Dewi Jayanti

Jayanti, Titi Dewi (2011) Perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran metode STAD berbasis problem solving dengan metode STAD pada materi melakukan perbaikan periferal kelas X TKJ SMK Negeri 6 Malang / Titik Dewi Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar STAD problem solving melakukan perbaikan periferal Pendidikan memegang peran penting dalam kehidupan suatu bangsa salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pembelajaran adalah metode belajar yang digunakan. Berdasarkan hasil obsevasi di SMKN 6 Malang diketahui bahwa metode yang digunakan kurang menarik perhatian siswa dan masih berpusat pada guru sehingga siswa cenderung pasif agar dapat meningkatkan peran aktif siswa maka perlu diterapkan metode belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan metode STAD berbasis problem solving pada materi melakukan perbaikan periferal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan metode STAD berbasis problem solving dengan yang menggunakan metode STAD pada materi melakukan perbaikan periferal dan pengaruh metode terhadap hasil belajar. Rancangan penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas X TKJ SMKN 6 Malang tahun pelajaran 2011/2012 pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 3 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode STAD berbasis problem solving pada kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dari pada penerapan merode STAD pada kelas kontrol yaitu 79 13 68 55. Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu dengan nilai Sig(p) 0 000 0 05 dan terdapat pengaruh signifikan antara metode STAD berbasis problem Solving terhadap hasil belajar dengan hubungan sebesar 87 2% serta sumbangan pengaruh 76% dan juga terdapat pengaruh signifikan antara metode STAD terhadap hasil belajar dengan hubungan sebesar 87 9% serta sumbangan pengaruh 77 33%. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu penerapan metode STAD berbasis problem solving pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol karena siswa lebih bisa aktif dan dapat mengolah pengetahuannya untuk menyelesaikan masalah dengan strategi problem solving dan terdapat perbedaan serta pengaruh yang signifikan antara penerapan metode STAD berbasis problem solving dengan metode STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ SMKN 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45697

Actions (login required)

View Item View Item