Priyambudi, Bagus (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Ekosistem untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Singosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Siswa harus dapat mengembangkan keterampilan 4C yang diperlukan untuk pendidikan biologi di abad ke-21, salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk membantu siswa kelas X SMAN 1 Singosari melatih kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada materi ekosistem. Hal ini didasarkan pada analisis kebutuhan yang dilakukan di Kelas X SMAN 1 Singosari. Model pengembangan ADDIE digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan validitas dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dibuat masuk ke dalam kategori sangat tinggi. Hasil validasi dari ahli perangkat pembelajaran sebesar 94%, ahli materi 100%, dan praktisi pembelajaran biologi 94%. Rerata hasil nilai kepraktisan dari uji coba produk perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar adalah 82,45%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:20 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:20 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4568 |
Actions (login required)
View Item |