Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada materi pengenalan teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Venty Yulita Fajarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada materi pengenalan teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Venty Yulita Fajarwati

Fajarwati, Venty Yulita (2011) Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada materi pengenalan teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Venty Yulita Fajarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan media pembelajaran mobile learning. Perangkat handphone merupakan salah satu perangkat komunikasi yang semakin dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Namun pemanfaatan perangkat handphone masih sebatas untuk komunikasi serta hiburan. Mobile learning merupakan pembelajaran yang menggunakan bantuan teknologi yaitu teknologi handphone yang dimanfaatkan sebagai sarana didalam penyampaian materi pembelajaran maupun evaluasi pembelajaran. SMP Negeri 3 Malang merupakan institusi pendidikan yang telah memanfaatkan mobile learning sebagai sarana evaluasi pembelajaran. Belum adanya pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning sebagai sarana pembelajaran siswa secara mandiri pada matapelajaran TIK. Media pembelajaran berbasis mobile learning akan menjadi alternatif siswa didalam memanfaatkan perangkat handphone sebagai sarana belajar setiap saat. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model Dick and Carey (2005). Uji coba kelayakan media pembelajaran dengan menyebarkan instrumen berupa angket yang ditujukan kepada ahli media (1 orang) ahli materi (2 orang) dan siswa yang terbagi perorangan kelompok kecil serta uji lapangan. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif pada penelitian ini berupa penilaian media pembelajaran berbasis mobile learning oleh para validator yaitu ahli media ahli materi dan siswa. Sedangkan data kualitatif berupa tanggapan yang diberikan oleh validator yang berupa kritik dan saran tentang media pembelajaran berbasis mobile learning. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan didapatkan persentase hasil validasi oleh ahli media sebesar 91 67% hasil validasi oleh ahli materi sebesar 96 67% hasil validasi uji perseorangan kategori siswa sebesar 83 89% hasil validasi uji kelompok kecil sebesar 82 17% dan hasil validasi uji lapangan sebesar 85 93%. Menurut pedoman kriteria persentase tingkat kelayakan media maka media pembelajaran berbasis mobile learning pada materi pengenalan teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Malang sudah dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Media pembelajaran berbasis mobile learning ini dapat berjalan dengan baik pada perangkat handphone yang memiliki Flash Lite Player 2.0 ke atas. Diharapkan pengembang produk selanjutnya dapat mengatasi keragaman platform pada handphone. Sehingga diharapkan semua siswa-siswi dapat menggunakan media pembelajaran berbasis mobile learning dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45666

Actions (login required)

View Item View Item