Perbedaan hasil belajar desain WEB antara metode problem based learning (PBL) kombinasi Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode Direct Instruction (DI) pada siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Blitar tahun pelajaran 2010/2011 / Adhitia Kusuma Ngesti Wa - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar desain WEB antara metode problem based learning (PBL) kombinasi Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode Direct Instruction (DI) pada siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Blitar tahun pelajaran 2010/2011 / Adhitia Kusuma Ngesti Wa

Wardhani, Adhitia Kusuma Ngesti (2011) Perbedaan hasil belajar desain WEB antara metode problem based learning (PBL) kombinasi Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode Direct Instruction (DI) pada siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Blitar tahun pelajaran 2010/2011 / Adhitia Kusuma Ngesti Wa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode PBL kombinasi STAD metode Direct Instruction (DI) dan hasil belajar Berdasarkan hasil pengamatan SMA Negeri 1 Blitar memiliki fasilitas memadai dengan kondisi laboratorium komputer yang berjumlah tiga kelengkapan fasilitas multimedia dan fasilitas internet yang bebas digunakan siswa secara gratis. Di dalam RPP TIK SMA Negeri 1 Blitar metode yang tertulis adalah tanya jawab identifikasi dan demonstrasi atau dikenal sebagai metode Direct Intruction. Sementara dewasa ini telah berkembang mengenai student centered metode ini dicanangkan untuk menggantikan teacher centered. Metode ini kini dianggap lebih sesuai dengan kondisi masa kini yang menjadi tantangan bagi siswa untuk mampu mengambil keputusan secara efektif terhadap problematika yang dihadapinya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental semu (quasy experimental design) dengan Pretest-Posttest Group Desain. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IA3 (40 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA4 (40 siswa) sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar menggunakan metode PBL kombinasi STAD dan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan model DI (pembelajaran langsung). Instrumen penelitian terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata dan uji hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai hasil belajar secara signifikan antara siswa kelas eksperimendengan siswa kelas kontrol berdasarkan hasil uji-t yang memperoleh thitung. (3 490 ttabel (1 665). Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas kontrol. Diperoleh nilai rata rata hasil belajar kelas eksperimen (79 56) lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol (74 12).Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah kognitif dan afektif siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) kombinasi Student Team Achievement Division (STAD)dan metode Direct Instruction (DI) pada materi Desain Webpada siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2010-2011.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45663

Actions (login required)

View Item View Item