Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis WEB untuk mata pelajaran produktif troubleshooting dan perbaikan PC/periferal kelas X SMKN 5 Malang / Ika Wiyanti Unitaria Wida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis WEB untuk mata pelajaran produktif troubleshooting dan perbaikan PC/periferal kelas X SMKN 5 Malang / Ika Wiyanti Unitaria Wida

Wida, Ika Wiyanti Unitaria (2011) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis WEB untuk mata pelajaran produktif troubleshooting dan perbaikan PC/periferal kelas X SMKN 5 Malang / Ika Wiyanti Unitaria Wida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan media pembelajaran media pembelajaran interaktif web mata pelajaran produktif troubleshooting dan perbaikan PC/periferal. Pendidikan kejuruan sesuai dengan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 mengenai tujuan Pendidikan Nasional dengan penjelasan pasal 15 merupakan pendidikan menengah yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu sehingga tujuan khusus dari program Teknik Komputer dan Jaringan yaitu untuk menyiapkan tenaga kerja professional dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan maupun wirausahawan dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Ketidakhadiran guru pada saat praktikum seringkali menjadi kendala tersendiri bagi siswa sehingga seringkali siswa harus melakukan praktikum secara mandiri dengan berbantuan modul atau handout yang telah diberikan oleh guru atau bersifat trial and error. Dampak dari hal ini adalah banyaknya jumlah kerusakan PC yang digunakan untuk praktikum serta kerugian materiil oleh pihak sekolah. Media pembelajaran interaktif berbasis web dipilih sebagai alternatif untuk menjembatani permasalahan tersebut karena sifatnya sebagai media yang dapat mengatasi jarak dan waktu serta dapat digunakan oleh siswa sebagai bahan pembelajaran agar dapat lebih mendalami materi troubleshooting dan perbaikan PC/periferal sebelum melakukan praktikum secara riil. Media pembelajaran interaktif berbasis web diharapkan dapat mengurangi cost atau biaya kerusakan akibat trial and error pada saat praktikum. Troubleshooting dan perbaikan PC/periferal merupakan gabungan dari 3 standar kompetensi pada mata pelajaran produktif program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yaitu 1) mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal 2) melakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC dan 3) melakukan perbaikan periferal yang ditujukan bagi siswa kelas X semester II program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Desain pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Arif S. Sadiman dengan subjek uji coba adalah siswa Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 5 Malang. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari ahli media ahli materi dan siswa terkait dengan kualitas media pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor hasil belajar ii siswa (pre-test dan post-test) sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis web yang mengacu pada KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang digunakan oleh SMKN 5 Malang yaitu sebesar 7 78. Hasil dari validasi media pembelajaran interaktif berbasis web ini adalah 1) pada validasi ahli media diperoleh hasil 97% sehingga media termasuk dalam kriteria valid 2) pada validasi ahli materi diperoleh hasil 81% sehingga media termasuk dalam kriteria valid 3) pada validasi kelompok kecil dan lapangan diperoleh hasil 88% dan 85% sehingga media termasuk dalam kriteria valid 4) pada hasil pre-test dan post-test diperoleh peningkatan sebesar 22% sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45662

Actions (login required)

View Item View Item