Hubungan intelegensi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada siswa SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Firman Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan intelegensi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada siswa SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Firman Hidayah

Hidayah, Firman (2011) Hubungan intelegensi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada siswa SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Firman Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci intelegensi kemandirian belajar prestasi belajar TIK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan tentang (1) Deskripsi intelegensi kemandirian belajar dan prestasi belajar mata pelajaran TIK (2) Signifikansi hubungan secara parsial antara intelegensi dan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran TIK dan (3) Signifikansi hubungan secara simultan antara intelegensi dan kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran TIK. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Malang. Objek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang dengan sampel sebanyak 162 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda untuk mengungkap besarnya hubungan intelegensi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar TIK. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics 17.0. Penelitian ini berhasil mengungkap (1) Intelegensi (X1) memiliki kategori rata-rata sebesar 48% (2) Kemandirian Belajar (X2) memiliki kategori tinggi sebesar 64% dan (3) Prestasi belajar TIK (Y) memiliki kategori sedang sebesar 57% hasil analisis uji hipotesis (1) Ada hubungan yang signifikan antara intelegensi dan prestasi belajar siswa. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa dan (3) Ada hubungan yang cukup kuat antara kedua prediktor yaitu intelegensi dan kemandirian belajar secara simultan dengan prestasi belajar TIK siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Intelegensi siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2010-2011 cenderung berada dalam dalam kriteria rata-rata (2) kemandirian belajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2010-2011 cenderung berada dalam kategori tinggi (3) prestasi belajar TIK siswa siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2010-2011 cenderung dalam kategori sedang (4) ada hubungan positif dan signifikan antara intelegensi dengan prestasi belajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2010-2011 dengan perolehan nilai koefisien korelasi parsial antara X2 dengan Y yaitu Ry1 sebesar 0 250 dengan probabilitas phitung 8804 pstandar yaitu 0 01 0 05. (5) ada hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang dengan perolehan nilai koefisien korelasi parsial antara X2 dengan Y yaitu Ry2 sebesar 0 514 dengan probabilitas phitung 8804 pstandar yaitu 0 00 0 05 dan (6) ada hubungan positif dan signifikan antara kedua prediktor yaitu intelegensi dan kemandirian belajar secara simultan dengan prestasi belajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang dengan perolehan nilai koefisien korelasi ganda 2 prediktor antara X1 dan X2 dengan Y yaitu R sebesar 0 664 dan nilai Fhitung sebesar 62 584 dengan probabilitas phitung 8804 pstandar yaitu 0 00 0 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45661

Actions (login required)

View Item View Item