Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Asesmen Formatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MAN Kota Batu - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Asesmen Formatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MAN Kota Batu

Anisa, Risma (2023) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Asesmen Formatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MAN Kota Batu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad ke-21 mengharuskan siswa mampu menguasai keterampilan 4C salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis menjadi aspek penting dalam mengembangkan siswa sebagai pembelajar yang aktif, analitis, dan kreatif. Keterampilan berpikir kritis di kelas XI IPA 1 MAN Kota Batu sebesar 37,31% dengan kategori sangat kurang kritis dan hasil belajar kognitif yang mencapai KKM 75 sebesar 41,67% dari 36 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan model pembelajaran PBL berbantuan asesmen formatif, (2) keterampilan berpikir kritis, dan (3) hasil belajar kognitif Biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart (1990). Penelitian melibatkan 36 siswa kelas XI IPA 1 MAN Kota Batu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan sintaks model PBL berbantuan asesmen formatif, tes uraian keterampilan berpikir kritis, dan tes pilihan ganda dengan level kognitif C4-C6 materi Psikotropika dan Sistem Reproduksi. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keberhasilan tindakan dilihat dari siklus I ke siklus II. Hasil rerata keterlaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I sebesar 80,00 termasuk kategori baik, pada siklus II mencapai 93,33 termasuk kategori sangat baik, rerata keterlaksanaan pembelajaran aspek siswa pada siklus I sebesar 80,00 termasuk kategori baik, pada siklus II mencapai 86,67 termasuk kategori sangat baik. Hasil analisis N-gain tes keterampilan berpikir kritis diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Hasil analisis N-gain tes kemampuan kognitif diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran PBL berbantuan asesmen formatif dapat digunakan guru untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA 1 MAN Kota Batu. Implementasikan model PBL berbantuan asesmen formatif disarankan untuk dilaksanakan pada jam pembelajaran normal guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:32
Last Modified: 11 Oct 2023 03:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4566

Actions (login required)

View Item View Item