Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran TIK di SMAN 4 Malang / Arief Rahman Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran TIK di SMAN 4 Malang / Arief Rahman Yusuf

Yusuf, Arief Rahman (2011) Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran TIK di SMAN 4 Malang / Arief Rahman Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci E-learning Evaluasi Moodle Pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada saat melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMAN 4 Malang kurangnya alat evaluasi pembelajaran yang bervariasi dari guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menyebabkan siswa menjadi bosan dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu adanya cara untuk membangkitkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran serta daya ingat siswa dengan memberikan soal yang bervariasi. Berkaiatan dengan itu maka diperlukan media pendukung yang bertujuan untuk memperbaiki sistem pengajaran yang ada yaitu mengembangkan alat evaluasi berbasis e-learning dengan memanfaatkan Moodle. Pengembangan ini menggunakan rancangan pengembangan (research and development) yang bertujuan mengembangkan alat evaluasi pembelajaran. Pengembangan alat evaluasi berbasis Moodle menggunakan model Sadiman. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes dan metode angket. Hasil uji coba produk dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut (1) Ahli media (2) Ahli materi dan (3) Siswa Kelas X SMAN 4 Malang. Hasil validasi alat evaluasi berbasis e-learning yang dikembangkan sebagai berikut (1) Hasil analisis data ahli media menunjukkan sebesar 90% dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi layak digunakan untuk media evaluasi pembelajaran. (2) Hasil analisis data angket ahli materi menunjukkan sebesar 93% dapat disimpulkan bahwa materi dalam alat evaluasi ini layak untuk digunakan untuk siswa pada saat pembelajaran. (3) Hasil analisis data dalam uji coba lapangan menunjukkan sebesar 78% dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi berbasis e-learning ini layak digunakan sebagai media alat evaluasi pembelajaran untuk siswa. Manfaat hasil pengembangan alat evaluasi terhadap kemudahan siswa didasarkan pada hasil uji coba yaitu dengan melihat persentase item pertanyaan yang terdapat dalam angket siswa yaitu (1) Media alat evaluasi dapat membantu pembelajaran materi hasil rata-rata persentase dengan 79 5 % media ini sudah masuk dalam kriteria baik. (2) Kemudahan pemakaian alat evaluasi dapat dilihat hasil rata-rata persentase 77 5 % dan media alat evaluasi ini sudah termasuk dalam kriteria baik. (3) Memberikan pengalaman baru dapat dilihat hasil rata-rata persentase dengan 75 5 % dan media ini sudah termasuk kriteria cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45655

Actions (login required)

View Item View Item