Kartika, Hanindya Dwi (2023) Identifikasi Model-model Pembelajaran yang digunakan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi SMA: Systematic Review. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berpikir kritis menjadi keterampilan berharga yang harus dikuasai oleh lulusan sebelum masuk dunia kerja. Keterampilan berpikir kritis siswa jenjang SMA terkategori rendah pada pelajaran biologi, sehingga perlu diberdayakan. Pemberdayaan keterampilan berpikir kritis dapat dilakukan melalui model pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran di kelas. Tidak ada satu model pembelajaran yang paling baik di antara yang lain. Masing-masing model pembelajaran dapat dirasakan baik apabila telah diujicobakan untuk mengajarkan materi pelajaran dan tujuan tertentu. Systematic Literature Review (SLR) ini bertujuan mengidentifikasi model-model pembelajaran yang dapat digunakan untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi berdasarkan hasil uji coba pada penelitian terdulu. Kriteria inklusi meliputi: (1) data publikasi 2019-2023 (2) artikel bahasa Indonesia dan Inggris (3) artikel fulltext, (4) topik tentang implementasi model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran biologi. Diperoleh sebanyak 17 artikel untuk dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat delapan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi SMA yaitu PBL, inkuiri terbimbing, kooperatif tipe jigsaw dan group investigation, probing prompting, flipped classroom, ASICC, dan GIReSiMCo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 03:41 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:41 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4565 |
Actions (login required)
View Item |