Efektivitas pembelajaran pratik komputer di SMP kota Mojokerto / Kurnia Laili Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran pratik komputer di SMP kota Mojokerto / Kurnia Laili Rahmawati

Rahmawati, Kurnia Laili (2011) Efektivitas pembelajaran pratik komputer di SMP kota Mojokerto / Kurnia Laili Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Efektivitas pembelajaran Pembelajaran TIK Belajar mengajar merupakan suatu proses yang tidak terlepas dari komponen-komponen yang saling berinteraksi di dalamnya. Segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektiv. Suatu kegiatan dikatakan efektiv bila kegiatan itu dapat diselesaikan pada waktu yang tepat dan mencapai tujuan yang diinginkan. Efektivitas menekankan pada perbandingan antara rencana dengan tujuan yang dicapai. Oleh karena itu efektivitas pembelajaran sering kali diukur dengan tercapainya tujuan pembelajaran atau dapat pula diartikan sebagai ketepatan dalam mengelola situasi. Pembelajaran yang efektif adalah belajar yang bermanfaat dan bertujuan bagi peserta didik melalui pemakaian prosedur yang tepat. Latihan atau praktik yang dilakukan dalam kondisi-kondisi tertentu (yang baik) adalah penting untuk mencapai tujuan dan untuk meningkatkan pekerjaan (performance) dalam kebanyakan bidang studi. Agar latihan atau praktik tersebut berlangsung dengan efektiv guru dapat memberikan hubungan keseluruhan bagian lamanya waktu latihan pengetahuan tentang kemajuan dan kondisi-kondisi lain yang membantu Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektivitasan pembelajaran praktik komputer dilihat dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru TIK di SMP Kota Mojokerto. Berdasarkan metode penelitian yang dilakukan peneliti yang berjudul Efektivitas Pembelajaran Praktik Komputer di SMP Kota Mojokerto ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran praktik komputer di SMP Kota Mojokerto. Sub variabel dalam penelitian adalah perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TIK SMP Kota Mojokerto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran pada pembelajaran TIK di SMP Kota Mojokerto ditinjau dari segi perencanaan pembelajaran tergolong cenderung sangat tinggi (2) pelaksanaan pembelajaran pada pembelajaran TIK di SMP Kota Mojokerto ditinjau dari segi pelaksanaan pembelajaran cenderung tinggi dan (3) pelaksanaan pembelajaran TIK di SMP Kota Mojokerto ditinjau dari segi evaluasi pembelajaran tergolong sedang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi sekolah agar menunjang kebrhasilan PBM (2) bagi guru agar memperhatikan pembelajaran TIK (3) bagi siswa dapat memperhatikan dan mendukung jalannya pembelajaran dan (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperhatikan jumlah populasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45648

Actions (login required)

View Item View Item