Perbedaan hasil belajar microsoft excel akibat pengaruh penerapan model belajar penemuan terbimbing menggunakan metode probing prompting dengan metode diskusi kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / M. Ramzul Haq - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar microsoft excel akibat pengaruh penerapan model belajar penemuan terbimbing menggunakan metode probing prompting dengan metode diskusi kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / M. Ramzul Haq

Haq, M. Ramzul (2011) Perbedaan hasil belajar microsoft excel akibat pengaruh penerapan model belajar penemuan terbimbing menggunakan metode probing prompting dengan metode diskusi kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / M. Ramzul Haq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran PenemuanTerbimbing Probing Prompting Hasil Belajar. Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan untukmenciptakan proses belajar yang aktif kreatif efektif dan menyenangkan. Pembelajaran yang masihdilakukan merupakan pembelajaran konvensional dan materiyang diulang-ulang membuat siswa merasa bosan dan tidak termotivasi dalam belajar. Untuk mengatasi masalah di atasdiperlukan model pembelajaran yang tepat dan inovatif. Model pembelajaran PenemuanTerbimbing (PT) menggunakan metode Probing Pompting (PP) merupakan model pembelajaran yang diawali dengan skenario model pembelajaran PT yang dilakukan selangkah demi selangkah. Model pembelajaran PP dengan skenario pembelajaran memberikan soal-soal yang bertujuan untuk merangsang siswa berfikir dan menggali sendiri pengetahuan mengenai materi yang diajarkan.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh penerapan model pembelajaran PT menggunakan metode PP dengan metode diskusi kelompok pada kompetensi dasar mengolah dokumen dengan pengolahan menggunakan formula serta untuk mengetahui besarnya sumbangan keterlaksanaan model pembelajaran PT menggunakan metode PP terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol di SMAN 1 Lawang kelas eksperimen adalah kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PT menggunakan metode PP sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan metode diskusi kelompok. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS 17. Hasil penelitian rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 90.31 dan pada kelas kontrol adalah 80 nilai rata-rata dari masing-masing kelas diuji hipotesis dengan meggunakan Uji-t dari Uji-t diperoleh hasil yaitu thitung15.648 ttabel 1.99 kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasilbelajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaranPT menggunakan metode PP dengan yang siswa yang diajar menggunakan metode diskusi kelompok sedangkan untuk sumbangan pengaruh penerapan model pembelajaran PT menggunakan metode PP terhadap hasil belajar siswa SMAN1 Lawang diperoleh kesimpulan bahwa terdapat kenaikan hasil belajar sebesar 4.459 satuan akibat kenaikan 1 satuan skor model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45642

Actions (login required)

View Item View Item