Keterlaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan Permendiknas No. 20 Tahun 2007 pada pembelajaran TIK di kelas akselerasi, RSBI, dan reguler / Ninis Asih Pramintari

Pramintari, Ninis Asih (2011) Keterlaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan Permendiknas No. 20 Tahun 2007 pada pembelajaran TIK di kelas akselerasi, RSBI, dan reguler / Ninis Asih Pramintari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: penilaian, hasil belajar, permendiknas, akselerasi, reguler, RSBI Pemerintah menetapkan standar nasional pendidikan yang merupakan kriteria minimum tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti yang tertuang pada Undang-undang No.20/2003 Bab I ayat (17). Standar nasional pendidikan bukan hanya mengatur tentang standar isi, tetapi juga standar proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan. Hal ini menunjukan bahwa standar penilaian pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari standar nasional pendidikan. Jadi setiap pendidik harus mengetahui dan memahami serta dapat menerapkan konsep standar penilaian, baik yang menyangkut tentang mekanisme, prosedur maupun instrumen penilaian yang digunakan seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan. Dalam meningkatkan mutu pendidikan selain memiliki standar nasional pendidikan, pemerintah juga memiliki tiga program pendidikan yaitu kelas Akselerasi, RSBI, dan Reguler yang memiliki visi dan misi yang berbeda-beda tetapi tujuan umumnya tetap sama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, berdasarkan hal tersebut penelitian ini ingin mendeskripsikan bagaimana keterlaksanaan penilaian di ketiga program pemerintah yang memiliki perbedaan tersebut Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keterlaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan Permendiknas No.20 Tahun 2007 pada dalam pembelajaran tik di kelas Akselerasi, RSBI, dan Reguler. Penelitian ini diskriptif dengan menggunakan metode survei. Metode survei ini digunakan untuk maksud deskriptif. Dalam penelitian deskriptif, peneliti tidak membuat perbandingan variabel dan sampel yang lain, dan tidak mencari hubungan variabel dengan variabel lain. Populasi adalah guru TIK pada program akselerasi, RSBI, dan Reguler di SMPN 3 Malang, SMPN 1 Malang, dan SMPN 5 Malang. Instrumen penelitian berupa angket, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan Keterlaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan Permendiknas No.20 tahun 2007 pada kelas Reguler, RSBI, dan Akselerasi mencapai persentase berturut-turut 96,3%, 95,8%, 92,8%, jadi dapat disimpulkan keterlaksanaan secara keseluruhan adalah sangat baik, sedangkan persentase terbesar keterlaksanaan penilaian hasil belajar berturut-turut pada kelas Reguler, RSBI, dan terakhir Akselerasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45624

Actions (login required)

View Item View Item