Pelaksanaan proses pembelajaran daring apresiasi seni materi pameran seni kelas X SMK Negeri 11 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan proses pembelajaran daring apresiasi seni materi pameran seni kelas X SMK Negeri 11 Malang

Putra, Ramanda Pratama (2023) Pelaksanaan proses pembelajaran daring apresiasi seni materi pameran seni kelas X SMK Negeri 11 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan belajar mengajar diliburkan sementara, pembelajaran tatap muka digantikan dengan kegiatan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring dilaksanakan dengan koneksi internet atau data seluler, dan menggunakan aplikasi seperti google meet, google clasroom, dan E-learning. Sebagai sarana komunikasi antara guru dan peserta didik tanpa adanya kontak fisik. Apresiasi Seni akan lebih mudah dilakukan ketika pembelajaran dilaksanakan secara luring. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana metode dan proses pembelajaran Seni Budaya khususnya materi apresiasi seni dengan keterbatasan yang ada dapat disampaikan dengan baik oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan kajian dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah guru menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi dengan model PjBL (Project Base Learning) dan pendekatan saintifik. Proses pembelajaran yang dilakukan guru meliputi pendahuluan seperti motivasi, absensi, dan pemberian link, dilanjutkan isi meliputi pemberian tugas, penjelasan singkat dan plaksanaan pameran, dan penutup yang meliputi doa dan evaluasi. Guru menggunakan media sosial berupa Instagram dan whatsapp untuk melakukan proses pembelajaran. Materi dijelaskan dan diunggah pada channel youtube milik guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:28
Last Modified: 11 Oct 2023 02:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item View Item