Pengembangan sumber belajar berbasis WEB untuk pembelajaran mandiri materi pengolah gambar vektor / Ratna Sri Hartatik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar berbasis WEB untuk pembelajaran mandiri materi pengolah gambar vektor / Ratna Sri Hartatik

Hartatik, Ratna Sri (2011) Pengembangan sumber belajar berbasis WEB untuk pembelajaran mandiri materi pengolah gambar vektor / Ratna Sri Hartatik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci sumber belajar pengolah gambar vektor web pembelajaran mandiri moodle Distance Learning atau pendidikan jarak jauh (PJJ) adalah pendidikan dengan karakteristik adanya keterpisahan antara pendidik dan peserta didik. Penerapan PJJ di Indonesia ini dikarenakan secara umum negara Indonesia terdiri dari pulau-pulau sehingga menyebabkan pendidikan tidak merata selain itu karena adanya keterbatasan pemanfaatan sumber belajar yang selama ini hanya mengacu pada media cetak (buku). Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sumber belajar yang bisa diakses dari berbagai daerah tanpa adanya keterbatasan tempat ruang dan waktu sehingga peserta didik dapat belajar lebih mandiri. Oleh sebab itu diperlukan program-program yang mendukung aplikasi pembelajaran jarak jauh. Moodle adalah salah satu software yang digunakan untuk pembelajaran berbasis web dan dapat dilakukan pembelajaran mandiri. Penelitian ini akan mengembangkan sumber belajar menggunakan Moodle yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Cepi yang terdiri dari identifikasi kebutuhan perumusan tujuan butir-butir materi garis besar pengembangan media penyusunan sumber belajar evaluasi sumber belajar revisi sumber belajar uji coba produk revisi dan sumber belajar siap dimanfaatkan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media ahli materi dan peserta didik. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Sampel uji coba 30 peserta didik dan uji coba kelas besar diambil dari peserta didik SMK Negeri 10 Malang. Sumber belajar yang dihasilkan berbentuk web yang terdiri dari modul berupa teks dalam format Pdf ilustrasi gambar/foto audio-video dan dilengkapi fasilitas penunjang seperti forum chat kuis dan latihan atau penugasan serta kunci jawaban. Sumber belajar menggunakan Moodle ini dapat diakses melalui internet dan dapat digunakan untuk pembelajaran di dalam kelas. Hasil validasi sumber belajar dari ahli media menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 92% ahli materi menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 94% uji coba 30 siswa menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 84% dan uji coba kelas besar menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar dengan persentase 88%. Sumber belajar yang dikembangkan ini dapat diterapakan untuk pembelajaran mandiri pada siswa tingkat SMK PJJ siswa serta masyarakat umum. Penulisan skripsi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi untuk pembelajaran pokok bahasan pengolah gambar vektor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45612

Actions (login required)

View Item View Item