Pengembangan pembelajaran berbantuan komputer model drill and practice pada mata pelajaran teknologi industri informasi dan komunikasi di SMPN 4 Malang / Ulfa Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran berbantuan komputer model drill and practice pada mata pelajaran teknologi industri informasi dan komunikasi di SMPN 4 Malang / Ulfa Fauziah

Fauziah, Ulfa (2011) Pengembangan pembelajaran berbantuan komputer model drill and practice pada mata pelajaran teknologi industri informasi dan komunikasi di SMPN 4 Malang / Ulfa Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu sekolah tingkat SMP yang masih memanfaatkan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) dan paper praktikum adalah SMPN 4 Malang. Dalam kegiatan belajar mengajar maupun praktikum khususnya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa menggunakan paper yang berisi latihan praktikum yang telah disediakan oleh guru untuk materi Microsoft Excel 2007. Padahal sarana laboratorium cukup mendukung untuk tersedianya media pembelajaran. Dengan demikian perlu dikembangkan media pembelajaran model drill and practice yang dikemas secara terstruktur untuk materi Microsoft Excel 2007. Dengan media pembelajaran siswa dapat meningkatkan motivasi belajar dalam mempelajari materi Microsoft Excel 2007. Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer model drill and practice pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi menggunakan metode pengembangan Dick and Carey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi kepada ahli media ahli materi dan audiens. Hasil pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer model drill and practice ini yaitu uji coba perorangan (one to one) yang terdiri dari ahli media sebesar 97% dan ahli materi sebesar 97%. Hasil uji coba kelompok kecil (small group) oleh 3 audiens sebesar 94% dan hasil uji coba lapangan (field evaluation) oleh 24 audiens sebesar 95%. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan komputer model drill and practice secara keseluruhan dapat dinyatakan valid/layak. Jika pemanfaatan produk tidak memenuhi persyaratan untuk pembelajaran dengan pola mandiri maka dapat dilaksanakan dengan pola kelas. Untuk penggunaan produk secara lebih luas perlu diperhatikan karakteristik siswa dan sekolahnya. Untuk pengembangan produk lebih lanjut disarankan mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer model drill and practice yang bersifat online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45606

Actions (login required)

View Item View Item