Rohmi, Eke Munita (2014) Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran konsep zat kelas VII semester 1 tahun ajaran 2013/2014 SMPN 2 Bakung Blitar / Eke Munita Rohmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rohmi Eke Munita. Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Konsep Zat Kelas VII Semester 1 Tahun Ajaran 2013/2014 SMPN 2 Bakung Blitar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Joseph Mbulu M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Konsep Zat. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan mengkombinasikan antara teks suara gambar animasi dan video dengan navigasi dan koneksi (link). Interaktif adalah kemudahan atau keleluasaan pengguna dalam mengontrol dan menggunakan multimedia tersebut. Multimedia Interaktif ini sesuai untuk kelas VII SMP pembelajaran Konsep Zat sebab dapat digunakan dalam pembelajaran mandiri dan pembelajaran klasikal. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa multimedia yang telah melalui proses validasi sehingga layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran yang dibutuhkan pada pokok bahasan konsep zat mata pelajaran IPA kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Dania L. Owens langkah-langkah pengembangan yaitu analisis dan penilaian desain pengembangan dan implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi pengembangan adalah siswa kelas VII SMPN 2 Bakung Blitar. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (tes hasil belajar) dan kualitatif (instrumen ahli media ahli materi dan siswa). Multimedia Interaktif ini divalidasi oleh seorang ahli media seorang ahli materi dan tes hasil belajar siswa sebanyak 18 siswa. Setelah dianalisis hasil validasi dari Multimedia Interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan data angket ahli media 80% data angket ahli materi 98 3% data angket siswa 82 8% hal ini menunjukan bahwa Multimedia Interaktif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Pada hasil belajar memperoleh 100% siswa yang mencapai KKM pada uji coba kelompok kecil dan diperoleh 94 4% siswa yang mencapai KKM pada uji coba lapangan hal ini menunjukan Multimedia Interaktif ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Konsep Zat IPA SMP. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Multimedia Interaktif ini valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA SMP untuk pembelajaran Konsep Zat. Disarankan agar sekolah menfasilitasi sarana pembelajaran Multimedia Interaktif ini terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/456 |
Actions (login required)
View Item |