Perbedaan prestasi belajar siswa kelas XI pada pembelajaran jaringan komputer antara kelas yang menggunakan media pembelajaran simulasi packet tracer dengan kelas yang menggunakan perangkat jaringan langsung di SMA Negeri 1 Tumpang / Ria Anisaa - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar siswa kelas XI pada pembelajaran jaringan komputer antara kelas yang menggunakan media pembelajaran simulasi packet tracer dengan kelas yang menggunakan perangkat jaringan langsung di SMA Negeri 1 Tumpang / Ria Anisaa

Anisaa, Ria (2011) Perbedaan prestasi belajar siswa kelas XI pada pembelajaran jaringan komputer antara kelas yang menggunakan media pembelajaran simulasi packet tracer dengan kelas yang menggunakan perangkat jaringan langsung di SMA Negeri 1 Tumpang / Ria Anisaa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Prestasi belajar Media pembelajaran simulasipacket tracer Perangkatjaringanlangsung. Keterbatasan media pembelajaranperangkatjaringanlangsung di sekolahdapatmengakibatkankurangoptimalnyakegiatanbelajardanpembelajaran.Hal inijugaterjadi di SMA Negeri 1 Tumpang dimanasiswahanyamempelajarisecarateorisajatanpamempraktikkansecaralangsung.Kondisiiniberdampakpadanilai yang dicapaiyaitu rata-rata sebesar 72 kurangdari SKM (StandarKelulusan Minimal) yang ditetapkansebesar 75.Olehkarenaitudibutuhkan media pembelajaranbantuangunamengatasipermasalahan yang ada salahsatunyaadalah media pembelajaransimulasipacket tracer.Penelitianinibertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tumpang pada pembelajaran jaringan komputer yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran simulasi packet tracer dan dengan menggunakan perangkat jaringan langsung. Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimentalsemu.Variabeldalampenelitianiniyaituvariabelbebasdanvariabelterikat.Variabelbebasberupapembelajarandenganmenggunakan media simulasipacket tracer danperangkatjaringanlangsung sedangkanvariabelterikatberupaprestasibelajarsiswa.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas XI di SMA Negeri 1 Tumpangtahunajaran 2010/2011.Sampelpenelitianiniadalahkelas XI IPA 1 untukkelaskontroldanXI IPA 2 untukkelaseksperimen yang diambildenganteknikpurposive sampling.Instrumen yang digunakanyaituinstrumenperlakuan berupasilabusdan RPP.Sedangkanuntukinstrumenpengukuran yaitusoaltes lembarpenilaianafektif danlembarpenilaianpsikomotorik.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuan SPSS. Dalampenelitianinididapatkan rata-rata hasilbelajarkognitifsiswapadakelaskontrolsebesar 71 21dankelaseksperimensebesar 76 06. Hasilbelajarafektifsiswakelaskontrolsebesar 73 dankelaseksperimensebesar 82 42. Serta hasilbelajarpsikomotoriksiswakelaskontrolsebesar 68 33dankelaseksperimensebesar70 91.Sedangkanuntukhasilbelajarsiswakeseluruhanpadakelaskontrolsebesar 70 82dankelaseksperimensebesar 76 46. Data hasilbelajarsiswadarimasing-masingkelasdiujianalisisdarinormalitas homogenitas danhipotesismenggunakanuji-t.Kesimpulannyaadalahterdapatperbedaanhasilbelajarkognitif afektif dan hasilbelajarsiswakeseluruhan.Sedangkanuntukhasilbelajarpsikomotoriktidakterdapatperbedaanuntukkeduakelassampel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45594

Actions (login required)

View Item View Item