Pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan / Hesy Herlianika Hedir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan / Hesy Herlianika Hedir

Hedir, Hesy Herlianika (2011) Pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan / Hesy Herlianika Hedir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci KTSP pembelajaran TIK SMP Negeri Perjalanan penerapan KBK pada matapelajaran TIK belum optimal dilanjutkan dengan penyelenggaraan KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan) yang mengandung beberapa ketentuan.Permasalahan pelaksanaan KTSP di Pamekasan pada matapelajaran TIK yaitu mulai dari kualitas guru yang kurang kompeten kesiapan peserta didik dan kelengkapan sarana dan prasarana di bidang TIK.Sejauh ini sekolah di Pamekasan dalam menyusun dokumen KTSP masih berpedoman pada BSNP dari Depdiknas Kabupaten Pamekasan.Dalam rangka mengetahui pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMPNegeri se Kabupaten Pamekasan perlu dilakukan suatu penelitian mengenai pelaksanaan KTSP.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) tingkat pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi perencanaan (2) tingkat pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi pelaksanaan pembelajaran dan (3) tingkat pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi evaluasi. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan pembelajaran dan (3) evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru TIK SMP Negeri di pamekasan yang berjumlah 64 orang yang tersebar di 26 sekolah. Instrumen penelitian menggunakan angket dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi perencanaan pembelajaran tergolong sangat tinggi (2) pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi pelaksanaan pembelajaran cenderung tinggi dan (3) pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Pamekasan ditinjau dari segi evaluasi pembelajaran cenderung tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa (1) agar guru TIK meningkatkan hasil karya dokumen perangkat pembelajaran (2) kepada sekolah agar mengusahakan pengadaan kelengkapan sarana dan prasarana yang berbasis IT (3) kepada Depdiknas Kabupaten Pamekasan agar sesering mungkin melakukan evaluasi terhadap implementasi KTSP dan memberikan bantuan sekolah pengadaan sarana prasarana belajar dan (4) kepada peneliti lain agar hendaknya mengadakan penelitian yang mencakup variabel yang lebih luas serta mencari pengaruh atau hubungan tiap variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45585

Actions (login required)

View Item View Item