Pengaruh project based learning dengan teknik murder (Mood Understand Recall Digest Expand Review) terhadap prestasi belajar menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi TIK siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kesamben / Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project based learning dengan teknik murder (Mood Understand Recall Digest Expand Review) terhadap prestasi belajar menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi TIK siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kesamben / Rachmawati

Rachmawati (2011) Pengaruh project based learning dengan teknik murder (Mood Understand Recall Digest Expand Review) terhadap prestasi belajar menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi TIK siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kesamben / Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Project Based Learning MURDER prestasi belajar Dunia kerja memerlukan orang yang dapat mengambil inisiatif berpikir kritis kreatif dan cakap memecahkan masalah dalam pembuatan produk. Oleh karena itu diperlukan suatu model belajar yang dapat memberikan kesempatan siswa bekerjasama dalam kelompok untuk membuat sebuak produk nyata dari berbagai sumber. Disamping itu menurut Clair Wistein pembelajaran yang baik meliputi pengajaran siswa bagaimana belajar bagaimana mengingat bagaimana berfikir dan bagaimana memotifasi diri mereka sendiri. Berdasarkan kenyataan diatas dalam penelitian ini diterapkan kolaborasi model pembelajaran antara project based learning (PBL) dengan teknik MURDER. PBL merupakan suatu model memfokuskan pada pengembangan produk atau unjuk kerja. MURDER merupakan gabungan dari Mood (Suasana Hati) Understand (Pemahaman) Recall (Pengulangan) Digest (Penelaahan) Expand (Pengembangan) Review (Pelajari Kembali). MURDER adalah salah satu model kooperatif yang berfokus pada bagaimana manusia memperoleh menyimpan dan memproses apa yang dipelajarinya dan bagaimana proses berpikir dan belajar itu terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara penerapan kolaborasi PBL dengan MURDER dan PBL tanpa MURDER. Selain itu untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL dengan teknik MURDER terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasy experimental design) dengan pola pretest-posttest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XII SMAN1 Kesamben Blitar semester genap tahun ajaran 2010/2011 sedangkan sampel penelitian adalah kelas XII IPA2 (kontrol) l dan XII IPA1(eksperimen). Instrumen penelitian berupa RPP Silabus Modul soal tes dan rubrik observasi. Uji hipotesis menggunakan uji t dan regresi linier sederhana. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran PBL dengan teknik MURDER yang diterapkan di kelas eksperimen menunjukkan prestasi belajar yang lebih tinggi dengan rata-rata 89 99 daripada kelas kontrol yang menerapkan PBL biasa dengan rata-rata 85 05. Hasil uji regresi liniear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh signifikan sebesar 57 1% antara penerapan project based learning dengan teknik MURDER terhadap prestasi belajar TIK menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45584

Actions (login required)

View Item View Item