Perbedaan hasil belajar TIK melalui pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) dengan kooperatif kelompok biasa pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Dian Fitri Perwitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar TIK melalui pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) dengan kooperatif kelompok biasa pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Dian Fitri Perwitasari

Perwitasari, Dian Fitri (2011) Perbedaan hasil belajar TIK melalui pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) dengan kooperatif kelompok biasa pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Dian Fitri Perwitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kooperatif Teams Games Turnament (TGT) perbedaan hasil belajar. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal guru dituntut dapat menciptakan lingkungan belajar yang inovatif kreatif dan dapat memotivasi siswa untuk menciptakan keaktifan dengan cara mengupayakan siswa untuk bekerja dalam suatu kelompok belajar. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa aktif adalah metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah suatu cara mengajar dimana siswa dalam kelas dipandang sebagai kelompok atau dibagi dalam beberapa kelompok. Macam dari pembelajaran kooperatif antara lain jigsaw Group Investigation Listening Team Teams Games Turnament (TGT) dan lain sebagainya. TGT adalah pembelajaran kooperatif yang melibatkan kelompok heterogen untuk saling berdiskusi dimana pada tiap akhir diskusi akan dilakukan permainan akademik untuk masing-masing anggota kelompok yang dikemas dalam bentuk turnamen untuk memotivasi siswa dalambelajar. Pembelajaran kooperatif sering dilakukan oleh guru tetapi pelaksanaannya belum optimal. Siswa aktif masih mendominasi kerja kelompok sehingga diskusi yang diharapkan tidak berjalan secara maksimal. Dengan penggunaan kooperatif TGT diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa dalam kelompok dan belajar bekerja sama antar anggota kelompok untuk mendapatkan nilai terbaik dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang melalui pembelajaran TGT dengan pembelajaran kelompok biasa. Penelitian menggunakan desain eksperimen semu (quasy experimental design) dengan pola pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X6 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus RPP lembar angket dan tes tulis (prates-pascates dan kuis). Uji hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows. Hasil uji t menghasilkan nilai Sig (p) 0 000 0 05 sehingga Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar TIK antara kelompok eksperimen melalui pembelajaran TGT (Teams Games Turnament) dan kelompok kontrol melalui pembelajaran kelompok biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45581

Actions (login required)

View Item View Item